oleh

Si Selawang Menuju PN Koba yang WBK dan WBBM

KOBA – Dalam menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) serta Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), Pengadilan Negeri (PN) Koba launching Aplikasi Si Selawang.

Aplikasi Si Selawang pun disosialisasikan ke publik, melalui kegiatan Public Campaign seluruh pegawai PN Koba memberikan souvenir berisikan gelas mug, Pamflet Si Selawang dan Stiker.

Wakil Ketua PN Koba, Indira patmi mengatakan Aplikasi Si Selawang merupakan WhatssApp Bot dengan nomor 082180743856, fungsinya bertindak sebagai Virtual Assistant PN Koba yang dapat membantu para pencari keadilan untuk memperoleh berbagai informasi pada PN Koba dimanapun dan kapanpun melalui pesan WhatssApp secara gratis tanpa biaya.

“Jadi, Si Selawang ini adalah sebuah inovasi PN Koba berupa WhatssApp Bot yang merupakan program intelegensi buatan pada pesan WhatApp terintegerasi dengan Bot,” kata Indira, Jum’at (01/10/2021) usai melaksanakan Public Campaign di Jalan Raya Koba.

Jenis layanan yang ada di WhatssApp Bot itu meliputi, informasi dan tanya jawab Status perkara, Jadwal sidang hari ini, Jadwal sidang mendatang, Status panjar biaya, Denda tilang, Data MIS, Data evaluasi badilum, Petunjuk pendaftaran eraterang, Informasi sidang secara elektronik, Informasi mengenai surat keterangan tidak pernah dipidana dan Informasi berpekara secara elekronik.

“WhatssApp Bot Si Selawang akan melakukan percakapan selama 24 jam setiap harinya, termasuk dihari libur tetap bisa melalukan percakapan,” kata Indira.

Indira memberitahukan untuk memulai percakapan dengan WhatssApp Bot silakan menyebut Halo/Hi/ Asslamualaikum, kemudian WhatssApp Bot akan meresponnya. Lalu silakan ketik info/panduan layanan yang tertera di menu, selanjutnya WhatssApp Bot akan menjawabnya sesuai kebutuhan.

“WhatssApp Bot telah sinkron dengan Sistem Informasi persidangan, sehingga semua informasi kebutuhan publik secara otomatis terjawab,” ungkapnya.

Baca Juga  Zona Merah, Ketat Berlakukan PPKM Darurat

Lahirnya Inovasi Si Selawang ini, kata Indira diharapkan dapat memaksimalkan pelayanan publik bagi PN Koba. Saat Pandemi Covid-19 sekarang ini, publikpun tidak perlu datang ke PN Koba untuk mencari informasi jadwal sidang perkara, besaran denda tilang dan lain-lain.

“Sekali lagi, kami pertegas bahwa Inovasi ini dilahirkan untuk mempermudah publik mendapati pelayanan PN Koba dimanapun berada,” ungkapnya sembari memohon dukungan publik, bahwa PN Koba sedang menuju WBK dan WBBM.

“Mudah-mudahan dalam waktu dekat, PN Koba segera menjadi Zona Integeritas WBK serta WBBM.(RedG)

  • Penulis : Rizal Phalevi
  • Editor : Sarwo Edy

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed