Sukoharjo-Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama secara Terbuka dan Kompetitif di lingkungan Pemerintah (Pemkab) Sukoharjo telah memasuki tahap ketiga, yaitu uji makalah / gagasan. Uji gagasan telah dilaksanakan selama dua hari, yaitu Kamis dan Jumat, 11 dan 12 Juni 2020 bertempat di Gedung Menara Wijaya Lantai 9 secara teleconference.

Dimana peserta seleksi tidak berhadapan langsung secara fisik dengan paniti seleksi. Peserta uji gagasan adalah mereka yang telah dinyatakan lulus uji kompetensi, ada 22 peserta yang mengikuti uji gagasan, dan semuanya hadir.

Setelah uji gagasan dilaksanakan, ketua pansel Anwar Hamdani menggelar rapat pleno untuk menentukan hasilnya. Berdasarkan rapat pleno akhirnya panitia seleksi menyepakati yang lulus 15 peserta.

Anwar, menjelaskan penilaian uji gagasan meliputi; presentasi atau pemaparan program, sistematika, penguasaan teknologi informasi, materi makalah atau program yang disampaikan, problem solving, kreatifitas dan inovasi yang ditawarkan, serta target yang akan dicapai kalau diberi amanah oleh bupati menjadi kepala OPD. Setelah peserta menyampaikan programnya di hadapan pansel, pansel yang terdiri lima orang secara bergantian melakukan klarifikasi dan bertanya terhadap isi makalah dan materi presentasi yang disampaikan.

Ketua Pansel yang juga dosen Program Pasca Sarjana STIE AUB Surakarta lebih lanjut menjelaskan, bagi peserta yang dinyatakan lulus uji gagasan / makalah masih mengikuti tahap berikutnya, yaitu Wawancara Akhir (WA). Wawancara akhir akan dilaksanakan pada hari Rabu, 17 Juni 2020 di Gedung Menara Wijaya Lantai 9. Wawancara akhir akan menentukan peringkat peserta dari masing-masing OPD yang selanjutnya pansel menyerahkan hasil kepada PPK / Bupati.(red)

Tinggalkan Komentar