oleh

Sejalan dengan Mega, Hendi Genjot Rehabilitasi Ekosistem di Semarang

Semarang – Beberapa waktu terakhir mantan Presiden Republik Indonesia ke-5, Megawati Soekarnoputri semakin kencang menggelorakan semangat rehabilitasi ekosistem pada berbagai wilayah di Indonesia. Hal itu, juga tampak pada berbagai kegiatan yang dilakukan oleh partainya, PDI Perjuangan yang menggelar berbagai aksi penyelematan lingkungan. Tak terkecuali di Kota Semarang, Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi yang juga kader PDI Perjuangan pun terus melakukan aksi serupa di wilayah yang dipimpinnya.

Setelah menggagas gerakan penanaman rumput vetiver untuk meminimalisir potensi tanah longsor, Wali Kota Semarang yang akrab disapa Hendi terus konsisten melakukan penyelematan lingkungan di wilayah Ibu Kota Jawa Tengah. Hal tersebut, seperti yang terlihat saat dirinya melakukan tebar benih 47.400 benih ikan Nila dan Karper di Kali Semarang, serta menggandeng PT. Jasa Raharja untuk menanam 40 pohon pule dan 60 pohon tabebuya dengan diameter 10-15 cm.

Hendi berharap penebaran benih ikan ini dapat meningkatkan kecintaan masyarakat dan mau memelihara lingkungan sungai yang ada di Semarang. Dirinya pun bercerita jika dulu Kali Semarang dikenal sangat kumuh, bahkan beberapa orang menyebutnya sebagai WC terpanjang di dunia. Namun saat ini, Kali Semarang sudah bersih, lebih sehat, dan terlihat indah. “Mudah-mudahan dengan tebar benih ikan ini lingkungannya semakin baik,” harap Hendi.

Wali Kota Semarang Hedrar Prihadi menggandeng PT Jasa Raharja dalam Program Penanaman 100 Pohon di Kota Semarang (Foto: Humas Pemkot Semarang)

Di sisi lain, Hendi berharap yang dilakukannya dapat mendukung pengembangan sektor pariwisata di Kota Semarang. “Mudah-mudahan ini mendukung wisata. Kalau sudah besar, masuk masa panen bisa jadi kolam pancing, dibuat lomba pancing, bisa menunjang pariwisata. Sekarang biarkan ikan-ikan berkembang dulu,” terangnya.

Sementara terkait penanaman pohon yang dilakukan bersama PT. Jasa Raharja, Hendi menjelaskan jika pohon tersebut nantinya tumbuh berkembang dengan baik, maka tidak hanya berfungsi dari segi ekologis lingkungan sebagai penyerap karbondioksida saja, namun juga menambah estetika.

Baca Juga  Polisi Berhasil Amankan Tersangka Pelaku Pembunuhan PSK di Hotel Semarang

Terakhir Hendi mengajak masyarakat Semarang untuk menanam pohon. Upaya penghijauan dengan menanam tanaman buah atau tanaman lain mendatangkan banyak manfaat. “Penghijauan tidak pernah salah. Kita akan dapat manfaatnya, oksigen gratis, kenyamanan dan keindahan. Apalagi kalau tanaman buah. Kita dapat bonus buahnya. Maka kepada seluruh warga kota Semarang, ayo kita perbanyak menanam,” pungkas Hendi. (Adv)

Komentar

Tinggalkan Komentar