oleh

Sedekah Bumi Upaya Merawat Tradisi

Wonogiri- Sedekah Bumi di Dusun Dadapan merupakan budaya turun temurun masyarakat Dusun Dadapan Desa Sukoharjo Kecamatan Tirtomoyo, Kabupaten Wonogiri digelar dimana pelaksanaan TMMD Reguler ke-102 Kodim 0728/Wonogiri masih berlangsung.

 

Slametan Sedekah Bumi ini dilaksanakan di Desa Sukoharjo bersamaan dengan program TMMD Reguler ke-102 di Kecamatan Tirtomoyo ternyata memberikan hiburan tersendiri untuk anggota satgas TMMD yang berada di Dusun Dadapan, acara sedekah bumi diadakan dirumah Ketua RW 06 Siko Maryoto, Kamis (26/7) malam.

Ketua RW Siko Maryoto menyampaikan bahwa, acara sedekah bumi yang merupakan warisan budaya yang ada di Dudun Dadapan secara turun-temurun dengan memampilkan kesenian “Tayub dan Kethek Ogleng”, dengan tujuan memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa agar supaya Dusun mereka terhindar dari segala bencana dan mara bahaya.

“Dengan adanya hiburan yang digelar malam ini, dengan harapan merupakan “berkah” tersendiri kepada bapak-bapak TNI, juga sebagai pelipur karena telah terkuras tenaganya sejak pagi hingga petang dalam kegiatan TMMD,” ujarnya.

Dan SSK Lettu Arm Toni pada saat itu juga menyampaikan perkenalan serta menyampaikan apresiasi yang sangat tinggi kepada warga saat bergotong royong dalam kegiatan TMMD yang sangat semangat dan antusias, sehingga dalam TMMD terlihat kompak dan menyatu.

“Dengan adanya acara sedekah bumi yang bersamaan dengan program TMMD ini, kami bersama anggota Satgas TMMD dapat terhibur serta bisa melepas lelah setelah beberapa hari bergulat dengan pasir dan adukan cor,” paparnya.

“Juga terima kasih kepada Bapak Siko atas kerjasama serta pembagian waktu kerja dilokasi TMMD yang telah dibuat jadwal per RT, sehingga dalam bekerja berjalan sangat bagus, disamping itu warga masih tetap memanfaatkani waktu bekerja di TMMD juga masih dapat mencari nafkah untuk kepentingan keluarganya sehari-hari. Harapan kami bapak/ibu jangan takut menegur saat bertemu dengan bapak TNI yang tergabung Satgas TMMD dan mari kita jaga kebersamaan ini,” pungkas Lettu Toni. (RedG)

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed