oleh

SDM Kuat, Infrastruktur Bangka Tengah Kuat

Pangkalpinang – Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah melalui Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertanahan (DPUTRP) menggelar Bimbingan Teknis untuk para pekerja konstruksi di Hotel Puri 56 Pangkalpinang, Kamis (30/09/2021).

Kegiatan yang bertujuan untuk mengingatkan semua pihak bahwa pembangunan infrastruktur harus dilakukan secara terencana dan perhitungan agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan khususnya terkait keselamatan kerja.

Bupati Bangka Tengah diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan dan KesraElly Irsyah, S.H., M.H., membuka kegiatan bimtek Sistem Manajeman Keselamatan Konstruksi (SMKK) didampingi oleh Kepala Bidang Cipta Karya, Sukma Anggia Kemalafury, M.Sc.

Dalam sambutannya, Elly mengatakan bahwa kegiatan konstruksi merupakan salah satu bagian sektor pembangunan dengan kompleksitas dan faktor resiko tinggi untuk keselamatan dan kesehatan, baik untuk pekerja maupun masyarakat.

“Melalui pembinaan SDM, Kabupaten Bangka Tengah berkomitmen untuk meningkatkan perlindungan kesehatan dan keselamatan pekerja konstruksi. Hal ini tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah namun juga tanggung jawab perusahaan untuk melindungi hak pekerja,” ujar Elly.

Elly juga menyampaikan bahwa keselamatan dalam bekerja menjadi salah satu prioritas yang harus diterapkan dalam pekerjaan bidang konstruksi, selain perlunya pengawasan dan evaluasi secara berkelanjutan.

“Dibukanya bimbingan teknis SMKK ini diharapkan pemahaman tentang keselamatan konstruksi dapat terealisasi di lapangan, tidak hanya menjadi teori namun dapat langsung diterapkan. Keselamatan bukan hanya persoalan fisik saja namun juga keselamatan nama baik Kabupaten Bangka Tengah agar apa yang dibangun benar-benar memberikan manfaat bagi masyarakat,” harapnya.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai implementasi UU Nomor 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi. Tujuan bimtek ini antara lain sebagai penerapan Sistem Manajemen Keselamatan Konstruksi (SMKK) pada dunia konstruksi di Bangka Tengah. Selain itu, dengan adanya bimbingan teknis ini diharapkan dapat mengurangi human error dalam pelaksanaan konstruksi, meningkatkan produktivitas dan mutu pelayanan jasa konstruksi, juga meningkatkan komitmen terhadap standar kualitas kerja tenaga konstruksi.

Baca Juga  Kreasi Pemuda Dengan Makanan Berbahan Dasar Tahu

Peserta yang hadir sejumlah 62 perwakilan penyedia jasa konstruksi se-Bangka Tengah. Bimtek ini menghadirkan narasumber dari Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Dinas Pendidikan Bangka Tengah. (RedG)

  • Penulis : Rizal Phalevi
  • Editor : Sarwo Edy

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed