oleh

Saka Wirakartika 0714 Kodim 0714 Salatiga Lakukan Long March Lintas Koramil

Salatiga – Saka atau Satuan Karya Pramuka Wira Kartika merupakan salah satu Satuan Karya Pramuka yang bersifat nasional. Saka yang dibentuk lewat kerjasama antara Kwartir Nasional dengan TNI Angkatan Darat ini bertujuan untuk mengembangkan pendidikan bela negara. Di samping Saka Wira Kartika, saka lainnya yang bersifat nasional seperti Saka Bhayangkara, Saka Bahari, Saka Bakti Husada, Saka Dirgantara, Saka Kencana, Saka Taruna Bumi, Saka Wanabakti, Saka Pariwisata, Saka Kalpataru, dan Saka Widya Budaya Bakti.

Saka Wira Kartika adalah wadah kegiatan bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega untuk meningkatkan kesadaran bela negara melalui pengetahuan dan keterampilan di bidang matra darat. Membentuk patriot bangsa yang setia, berbakti, dan menjunjung tinggi nilai luhur bangsa serta tetap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Matra darat sendiri dapat diartikan sebagai segala aktifitas dan kegiatan yang dilakukan secara terorganisir, perorangan ataupun kelompok yang memanfaatkan kondisi alam di darat seperti hutan, gunung, rawa, dan sungai.

“Kami selaku Pembina Saka Wira Kartika Kodim 0714/Salatiga tentunya sangat mendukung dan berupaya untuk memfasilitasi kegiatan yang diselenggarakan oleh Adik adik Pramuka Ini,kegiatan positif ini tentunya akan membentuk Karakter dan mental bagi generasi muda Indonesia”disampaikan oleh Pasiter pada saat melepas keberangkatan Peserta LLK dari Kodim 0714/Salatiga

Seperti Tradisi tahunan Saka Wirakartika 0714 Kodim 0714 Salatiga yaitu Long March Lintas Koramil (LLK) tahun 2018 kembali dilaksanakan sebagai sarana melatih anggota dalam hal daya tahan baik fisik maupun mental, yang dilaksanakan setiap Tahunnya ini

LLK 2018 yang dilaksanakan Kamis (03/01) mengambil rute dari Koramil 06/Tengaran ke Kodim 0714/Salatiga, dimulai dari markas Koramil 06/Tengaran dan diberangkatkan langsung oleh Danramil 06/Tengaran. Dalam sambutannya Danramil 06,/Tengaran berpesan untuk melaksanakan kegiatan dengan baik dan selalu menjaga diri selama kegiatan ini.

Baca Juga  Pasca Terkena Dampak Angin Muson Timur, Kelompok Seniman Muda Kota Semarang dan Bunga Jabe Ajak Resik-Resik Pantai

Perjalanan LLK 2018 dari Koramil 06/Tengaran ke Kodim Salatiga melalui wilayah Kabupaten Semarang dan Kota Salatiga. Kegiatan yang diikuti 34 anggota, pamong saka serta dikawal oleh anggota Kodim Salatiga.

LLK kali ini melintasi wilayah kecamatan Tengaran, Kecamatan Ampel Kab. Boyolali, Getasan Kab. Semarang, dan wilayah kota Salatiga.(RedG Kontributor Yudha Pendim0714)

Komentar

Tinggalkan Komentar