oleh

Sah!!! Jokowi Resmi Luncurkan 3 Program Bantuan Sosial Tahun 2021

Jakarta – Hari ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi meluncurkan program Bantuan Tunai Se-Indonesia Tahun 2021. Peluncuran ini dilakukan secara simbolis kepada sejumlah penerima yang hadir di Istana Negara, Jakarta, Senin (4/1/2021).

Peluncuran Bantuan Tunai ini juga dilaksanakan oleh para gubernur di 34 provinsi di seluruh Indonesia yang terhubung secara virtual.

“Tahun 2021 ini, penyaluran bantuan sosial akan terus kita lanjutkan. Bantuan ini kita mulai hari ini, disalurkan kepada 34 provinsi,” kata Jokowi dalam sambutannya.

Program Bantuan Tuniai yang diluncurkan Kepala Negara ini ada tiga jenis, yaitu Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)/Program Sembako, dan Bantuan Sosial Tunai (BST). Anggaran yang disiapkan Pemerintah dalam APBN 2021 untuk program bantuan sosial ini sebesar Rp.110 triliun.

Harapannya, melalui Program Bantuan Tunai ini, dapat meringankan keluarga-keluarga yang terdampak pandemi Covid-19 serta menjadi pemicu untuk menggerakkan ekonomi nasional.

“Mengungkit ekonomi nasional kita, memperkuat daya beli masyarakat sehingga kita harapkan pertumbuhan ekonomi nasional menjadi meningkat dan lebih baik,” harapnya.

Jokowi pun memerintahkan jajarannya serta para Gubernur se-Indonesia untuk mengawal proses penyaluran bantuan sosial (bansos) agar cepat dan tepat sasaran. Ia juga kembali menegaskan agar bansos tersebut diberikan secara utuh, tidak ada potongan.

“Saya perintahkan kepada para Menteri, kepada para Gubernur agar mengawal proses penyaluran ini, agar cepat, bisa tepat sasaran, dan tadi diawasi tidak potongan-potongan apapun,” pintanya. (RedG/Ong)

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed