Pemalang – Kementerian Pembangunan Desa Tertinggal melalui dinas Permades Kabupaten/kota dalam usaha meningkatkan pemberdayaan dan kesejahteraan masyarakat salah satunya dengan jalan mendirikan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES). Hal ini menarik untuk dicermati dari sisi keberlangsungan dan survivalitas usaha.

 

Banyak usaha yang sukses dengan adanya BUMDES yang kian inovatif dan professional. Tetapi tidak sedikit juga gagal dan takut menggunakan dana BUMDES untuk memaksimalkan pengembangan usaha.

Salah satu solusi pemecahan masalah adalah dengan melakukan kerjasama kemitraan yang saling menguntungkan dengan pihak lain. Salah satu mitra kerjasama nyang dapat digandeng oleh BUMDes adakah Sabana Fried Chicken.

Dengan pengalaman 12 (dua belas) tahun dalam usaha membesarkan brand tentunya sudah mengalami pahit getirnya menjalankan usaha.

“Kemitraan Sabana Fried Chicken cocok diimplementasikan dan dijadikan sebagai salah satu alternatif penggunaan dana desa untuk pengembangan usaha masyarakat desa, sehingga kapasitas aktivasi usaha BUMDES dapat dimaksimalkan dan cepat berjalan dengan baik, dapat dipertanggungjawabkan, dan memenuhi asas transpransi anggaran,” kata Haji Syamsalis, Pemilik Sabana Fried Chicken yang sudah memberdayakan puluhan bahkana ribuan UMKM di Jabodetabek dan sekitarnya.

Pengembangan BUMDES untuk pengembangan wirausaha merupakan salah satu sarana menggeliatkan usaha desa dan menghidupkan perekonomina daerah. Haji Syamsalis yang juga dikenal sebagai inspirators sukses UKM dan Pejuang ekonomi rakyat yang mampu membangun usaha kecil dan menengah dan punya kepedulian tinggi terhadap pengembangan UKM daerah.

“Saya melihat BUMDES banyak yang tak maksimal menggarap potensi usaha daerah, Sabana menawarkan sebagai salah satu peluang usaha yang bisa digandeng oleh BUMDES untuk memaksimalkan potensi perekonomian desa, “ katanya.

Dengan pengalaman Sabana Fried Chicken selama 12 tahun, kata Haji Syamsalis, dapat memberikan inspirasi dan model pemberdayaan perekonomian masyarakat di daerah.

“Nah, Kabupaten Pemalang sangat cocok mengadopsi pengembangan BUMDES dengan system usaha Sabana Fried Chicken, BUMDES bekerjasama dengan Sabana Fried Chicken untuk pemberdayaan dan pengembangan ekonomi masyarakat, jika hal ini dilakukan, dan sukses maka akan berakibat baik pada ketahanan ekonomi masyarakat  di Pemalang,” katanya. (RedG)

Tinggalkan Komentar