oleh

Saatnya Menjadi Pahlawan Millenial di Era Disrupsi 4.0

PenulisAstutiati, S.Pd (Guru SDN 1 Brangkal, Wedi, Klaten)

Klaten – Setiap  tanggal 10 November kita selalu memperingati Hari Pahlawan karena pada tanggal tersebut rakyat dengan penuh semangat bersatu padu mengusir penjajah yang berniat menancapkan kembali kekuasaannya di Indonesia. Peringatan Hari Pahlawan yang dilaksanakan kiranya tidak hanya bersifat seremonial semata, namun yang terpenting adalah bagaimana kita dapat mengambil makna yang terkandung di dalamnya. Apabila setiap insan memiliki kesadaran dan kemauan untuk mengimplementasikan nilai kepahlawanan, maka hal tersebut dapat menjadi salah satu modal untuk membangun bangsa.

Momentum Hari Pahlawan memberikan pelajaran berharga bahwa perjuangan memerdekakan negeri ini membutuhkan pengorbanan yang sangat besar dari setiap pemuda kala itu. Semangat yang sama, layak menjadi inspirasi generasi sekarang dengan lapangan perjuangan yang berbeda.

Pada dasarnya, semua orang bisa menjadi seorang pahlawan. Dari jejak sejarah Hari Pahlawan, selayaknya generasi emas mengambil ruh semangat, kerja keras, gotong royong, dan rela berkorban dalam konteks kekinian sehingga lahir generasi milenial yang aktif, inovatif, adaptif, kreatif, dan konsisten dengan gagasannya sehingga mampu membuka pintu bagi masa depan diri dan komunitas. Pada era kolonialisme dan kemerdekaan, pahlawan berjuang mengusir penjajah dengan senjata dan bambu runcing. Pada zaman sekarang, dengan semangat yang sama kita dapat menjadi pahlawan secara sederhana dengan saling menolong kepada sesama yang sedang membutuhkan.

Kita dapat berjuang mengisi kemerdekaan saat ini dengan melakukan kegiatan yang positif melalui berkarya secara aktif, kreatif, dan  inovatif. Semangat dan nilai-nilai kepahlawanan sangat relevan untuk terus ditumbuhkembangkan sesuai dengan situasi dan kondisi negara Indonesia saat ini. Dengan menjadi Pahlawan Masa Kini, maka setiap insan masyarakat Indonesia kiranya dapat menjaga keharmonisan berbangsa dan bernegara dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan selalu mengutamakan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi atau golongan.

Baca Juga  Suntuknya Resolusi Konflik Tenurial

Marilah menjadi Pahlawan Masa Kini, dengan berlomba-lomba menunjukkan prestasi yang membanggakan serta dapat memberikan kontribusi yang bermanfaat bagi kemajuan bangsa dan negara yang dapat dimulai dari diri sendiri, lingkungan keluarga, lingkungan  masyarakat, dan sebagainya. Semangat pahlawan harus selalu bersemayam di hati sanubari kita semua. Untuk menjadi pahlawan masa kini dapat dilakukan oleh siapapun Warga Negara Indonesia dalam bentuk aksi-aksi nyata guna memperkuat keutuhan NKRI, seperti menolong sesama yang terkena musibah, tidak melakukan provokasi yang dapat mengganggu ketertiban umum, tidak menyebarkan berita hoax, tidak melakukan perbuatan anarkis atau merugikan orang lain dan sebagainya.

Jika dahulu semangat kepahlawanan ditunjukkan melalui pengorbanan tenaga, harta bahkan nyawa, saat ini untuk menjadi pahlawan, bukan hanya mereka yang berjuang mengangkat senjata mengusir penjajah, akan tetapi dengan cara menorehkan prestasi di berbagai bidang kehidupan, memberikan kemaslahatan bagi masyarakat, dan membawa harum nama bangsa di mata internasional.

Peringatan Hari Pahlawan kiranya dapat meningkatkan kesadaran kita untuk lebih mencintai tanah air dan menjaganya sampai akhir hayat. Jangan biarkan keutuhan NKRI yang telah dibangun para pendahulu negeri dengan tetesan darah dan air mata menjadi sia-sia. Jangan biarkan tangan-tangan jahil atau pihak yang tidak bertanggungjawab merusak persatuan dan kesatuan bangsa. Jangan biarkan negeri kita terkoyak, tercerai berai, terprovokasi untuk saling menghasut dan berkonflik satu sama lain. Mari kita maknai Hari Pahlawan ini dengan aksi nyata, bekerja dan bekerja membangun negeri menuju Indonesia maju. Hari Pahlawan kiranya bukan hanya bersifat seremonial semata, tetapi dapat diisi dengan berbagai aktivitas yang dapat menyuburkan rasa nasionalisme dan meningkatkan rasa kepedulian untuk menolong sesama yang membutuhkan.

Baca Juga  Pentingnya Kebijakan Energi Terbarukan

Dengan menjadikan diri kita sebagai Pahlawan Masa Kini, maka permasalahan yang melanda bangsa dewasa ini dapat teratasi. Untuk itu marilah kita terus menerus berupaya memupuk nilai kepahlawanan agar tumbuh subur dalam hati sanubari segenap insan masyarakat Indonesia.

Selamat Hari Pahlawan 2021, semoga Allah SWT, senantiasa memberikan bimbingan dan kekuatan kepada bangsa Indonesia agar dapat menjaga keutuhan NKRI yang telah diperjuangkan oleh para pendahulu negeri.  Jadilah Pahlawan Masa Kini yang membanggakan negeri kita Indonesia. (RedG/O)

 

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed