oleh

Rumah Pintar Adinda, Sarana Belajar Anak Usia Dini

Semarang – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas PGRI semarang (UPGRIS) mengadakan kegiatan belajar mengajar di Rumah Pintar Adinda, tepatnya berlokasi di RW 08 RT 04 Kelurahan Sawah Besar, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang Senin (3/2).

Rumah Pintar Adinda merupakan tempat belajar untuk anak-anak usia dini. Pembelajaran aktif di Rumah Pintar dilakukan setiap hari Senin-Rabu, mulai pukul 08.00-11.00 WIB. Kegiatan yang meliputi belajar bersama, menyanyi, bermain yang diasuh  Rukmini dan 2 orang  sebagai pengajar.

Bentuk pengabdian pada masyarakat, Mahasiswa KKN UPGRIS, khususnya di kelurahan Sawah Besar ikut serta dalam kegiatan di Rumah Pintar. Hal ini bertujuan agar mahasiswa dapat menerapkan pembelajaran secara langsung terhadap anak usia dini dan pendekatan yang perlu dilakukan terhadap anak-anak supaya tidak merasa bosan ketika sedang belajar.

Wujud kegiatan tersebut  berupa menyanyi dan menggambar bersama. Dengan menggambar bebas dapat menggali potensi dan memanfaatkan kreatifitas masing-masing anak untuk menuangkannya dalam wujud karya seni. Keadaan semakin menyenangkan, antara mahasiswa dengan anak-anak terasa begitu dekat. Diselingi dengan menyanyikan lagu anak-anak yang membuat suasana semakin menyenangkan.

Anak-anak semakin aktif dan percaya diri ketika di kelas. Hal itu dapat terlihat dari ekspresi dan sikap dari anak-anak. Tanpa ditunjuk beberapa anak berani ke depan untuk memimpin teman-temannya bernyanyi.

“Begitulah antusias anak-anak di Rumah Pintar ini. Mereka sangat aktif dan kreatif” papar  Rukmini. (RedG/Dyah R. Pambayun)

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed