oleh

Rumah Petani Bawang Merah di Brebes Ludes Terbakar

Brebes – Rumah milik Petani Bawang Merah di Brebes Ludes Terbakar pada Selasa, 7 Februari 2023

Rumah Petani Bawang Merah di Brebes yang Ludes Terbakar adalah rumah milik Wasikin (52), petani bawang merah di Desa Tegalglagah RT. 03 RW. 04, Kecamatan Bulakamba, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Pada saat kejadian kebakaran, rumah sedang ditinggalkan pemiliknya pergi ke sawah menyiapkan lahan tanam.

Kejadian kebakaran ini terjadi disebabkan oleh pengasapan bawang merah di dapur yang rencananya akan ditanam pada lahan seluas tiga hektar.

Akibatnya sejumlah satu ton bibit bawang merah siap tanam ludes terbakar.

Kapten Infanteri Sutarno, Danramil 07 Bulakamba Kodim 0713 Brebes menyampaikan bahwa kejadian ini bermula pada pagi hari sebelum pemilik rumah pergi ke sawah.

“sekitar jam enam Selasa pagi, anak Pak Wasikin melihat adanya kobaran api kecil di sekitar tempat pengasapan bawang sehingga dilakukan pemadaman sendiri menggunakan air dan ember. Karena yakin api sudah padam maka rumah ditinggal ke sawah sekitar jam tujuh pagi,” tuturnya.

Sutarno juga menambahkan bahwa api dapat dipadamkan setelah mendapat bantuan dari petugas pemadam kebakaran.

“Api dapat dipadamkan sekitar 1 jam kemudian setelah dibantu 1 unit mobil Damkar Kabupaten Brebes,” Imbuhnya.

Tidak ada korban jiwa atas musibah kebakaran ini, kerugian harta benda ditaksir mencapai Tujuh Puluh Juta Rupiah.

Akumulasi kerugian tersebut dihitung dari satu ton bibit bawang merah, peralatan elektronik dan rumah tangga, dan satu unit pompa diesel yang ludes dilahap sijago merah.

Sutarno juga menegaskan himbauan kepada seluruh warga agar lebih berhati-hati dan memastikan kondisi rumah aman sebelum ditinggalkan.

“Babinsa kami bersama perangkat desa kembali melakukan himbauan kepada warga agar lebih berhati-hati dan teliti sebelum meninggalkan rumah untuk beraktifitas, baik itu memastikan api perapian kompor atau instalasi listrik apakah benar-benar sudah aman padam,” tambahnya.(RedG /MA/***)

Komentar

Tinggalkan Komentar