Wonogiri – Bertempat di Pendopo Kecamatan Pracimantoro,telah dilaksanakan Sosialisasi Rujukan Berjenjang, kerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Wonogiri, RSUD Mangun Sumarso dan BPJS yang dihadiri kurang lebih 130 orang, Selasa(27/11).

 

Hadir dalam acara Camat pracimantoro Warsito, Danramil 13 Pracimantoro Kapten Cba Budi Waluyo, Kapolsek Pracimantoro Aiptu Sugeng, Ka Dinkes Kabupaten Wonogiri Mardiyanto , Direktur RSUD Wonogiri Agus Suparto , Kepala BPJS Wonogiri Haryatni, Jajaran Forkopincam Distrik 2 dan tamu undangan lainnya.

Sambutan yang disampaikan Camat Pracimantoro mengucapka marilah bersama-sama mendengarkan penjelasan tentang sosialisasi dari BPJS.

“Tanyakan yang sejelas-jelasnya mengenai tata cara rujukan benjenjang dari BPJS,” ujarnya.

Kepala BPJS Kabupaten Wonogiri dalam menjelaskan tentang Rujukan berjenjang BPJS melalui tahapan-tahapan yang sudah diatur dengan landasan hukum UU No 40 th 2004/UU No 24 th 2011 dan Peraturan presiden No 82 th 2018 yang terbaru.dengan sesuai aturan dari tahapan rujukan PPK 1 (Puskesmas, dokter keluarga, Klinik Pratama).

“Pemerintah menganjurkan seluruh warga Republik Indonesia untuk mengikuti program JKN KIS (Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat) agar apabila warga negara sakit dapat ditanggulangi BPJS,untuk meringankan beban setiap warga negara Indonesia, maka setiap warga harus mempunyai BPJS sebelum sakit atau sedia payung sebelum hujan (sedia jaminan kesehatan sebelum warga sakit). Jenis-jenis JKN KIS antara lain PBI (Penerima Bantuan Iuran) APBN, PBI (Penerima Bantuan Iuran) Propinsi, PBI (Penerima Bantuan Iuran) Kabupaten yaitu warga kurang mampu/miskin yang belum tercaver PBI APBN, PBI Propinsi,” bebernya.

Jenis kelas JKN KIS/BPJS kelas 1 jumlah pembayaran iuran Rp 81. 500., kelas 2 jumlah pembayaran iuran Rp 51. 000., kelas 3 jumlah iuran Rp 25. 000. Saat ini BPJS dan KEMENKEU sedang mensingkronisasi data BPJS dari awal tahun 2017-2018, apabila ada warga anggota BPJS yang menunggak pembayaran akan dilaksanakan penagihan dan denda 2,5%. Cara mendaftar BPJS bisa melalui aplikasi BPJS on line, bisa tlp ke 1500400, bisa langsung datang ke kantor BPJS. Bisa juga melalui marketing BPJS dengan persyaratan KK, KTP, Buku rekening tabungan.

Danramil 13/Pracimantoro Kapten Cba. Budi Waluyo menyampaikan agar warga masyarakat mengerti dan memahami apa yang disampaikan oleh BPJS sehingga nantinya tidak bingung. (RedG)

 

 

Tinggalkan Komentar