oleh

Ruas Jalan Tol Surabaya-Gempol Longsor, Dua Lajur Ditutup

Surabaya – Peristiwa longsor terjadi pada Ruas Jalan Tol Surabaya-Gempol pada (26/01) malam. Lokasi longsor berada di KM 06+200 Jalur A (arah Gempol) Ruas Jalan Tol Surabaya-Gempol.

Akibat kejadian longsor ini, untuk sementara lajur 1 dan 2 yang mengarah ke Gempol pada lokasi kejadian ditutup.

GM Representative Office 3 Jasamarga Transjawa Tollroad (GM RO 3 JTTRD), Hendri Taufik menjelaskan, kejadian diawali dengan adanya temuan penurunan yang mengakibatkan retakan pada lajur 1 di KM 06+200 pada tanggal (25/01) sekitar pukul 00.00 WIB.

“Makanya dilakukan penutupan lajur 1 dan dilakukan penanganan pada lokasi tersebut untuk menghindari penurunan dan retakan berlanjut, “jelas Hendri.

Namun, pada tanggal (26/01) pada saat proses perbaikan berjalan dengan cara penguatan tanah berupa penutupan mortar, terjadi penurunan tanah kembali sehingga perlu dilakukan penutupan pada lajur 1 dan 2 di lokasi tersebut.

Belum diketahui apa penyebab kejadian longsor, namun pihak Jasa Marga terus berkoordinasi dengan Tim Geoteknik dari ITS untuk memantau kondisi longsoran tersebut.

“Saat ini sedang dilakukan penanganan pertama dengan pemasangan sandbag baik itu di tepi perkerasan dan di kaki longsor, tambahnya.

Untuk mengantisipasi kepadatan yang terjadi akibat kejadian longsor tersebut, pihak Jasa Marga telah menyiapkan mitigasi risiko.

Mitigasi risiko tersebut berupa pengurangan Kapasitas Transaksi di Gerbang Tol Dupak dan Banyu Urip menyesuaikan Kapasitas Lajur yang masih bisa dilewati dan berkoordinasi dengan Kepolisian untuk menyiapkan contra flow pada bukaan terdekat yaitu pada KM 5+600 – KM 09+000.

Untuk memastikan informasi ini diterima dengan baik oleh pengguna jalan, Jasa Marga juga melakukan sosialisasi kejadian ini melalui Variable Message Sign ( VMS) di Ruas Jalan Tol Surabaya-Gempol. (RedG/bee)

Komentar

Tinggalkan Komentar