oleh

Ridwan Kamil: Dicari 5.000 Anak Muda yang Mau Jadi Petani Milenial

Bandung – Angin segar untuk pengangguran dihembuskan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Sekaligus mencanangkan Revolusi Pertanian 4.0 di Jawa Barat. Hal itu diungkapkan Ridwan Kamil saat meresmikan “Smart Greenhouse” di Wanaraja, Garut, Rabu (27/1/2021).

Apakah gerangan yang digagas Ridwan itu? Di tengah pandemi Covid-19 dan pengangguran yang terus meningkat, Ridwan Kamil membuka 5000 lapangan pekerjaan. Lapangan pekerjaan pekerjaan yang disiapkan Pemerintah Provinsi Jawa Barat itu, untuk milenial yang ingin menjadi petani.

Pemprov Jabar telah menyiapkan modal dan lahan bagi para milenial yang ingin menjadi petani untuk meningkatkan produktivitas pertanian di Jawa Barat. Selain itu juga mengenalkan inovasi baru pertanian.

Inovasi baru pertanian itu memanfaatkan teknologi sehingga tidak terpengaruh oleh cuaca. Menurut Ridwan, dengan teknologi baru ini dapat meningkatkan produksi pertanian  karena bisa bercocok tanam tanpa terkendala cuaca.

Hal itu diungkapkan Ridwan saat meresmikan smart green house di Wanaraja Garut. “Dengan teknologi ini produktifitas naik, pendapatan naik dan inilah masa depan Indonesia. Kami butuhkan anak-anak muda yang bertani seperti ini yang kita sebut dengan petani milenial,” tuturnya.

Revolusi Pertanian 4.0 ini, rencananya akan diluncurkan pada Februari 2021. “Akan kami launching, Jawa Barat akan butuh tahun ini 5000 petani milenial dengan cara begini dimodalin oleh kami, tanahnya oleh kami dari provinsi. Anda para milenial tinggal berkeringat dan mau bekerja sebagai petani,” papar Ridwan.

“Tinggal di desa rejeki kota bisnis mendunia,” ungkapnya.

Ridwan Kamil dan panen jagung (Foto: Istimewa)

Dalam unggahan tersebut Ridwan Kamil menunjukkan sistem kerja pertanian infus dan lahan yang sudah disiapkan.

Pria yang akrab disapa Kang Emil ini juga menuliskan informasi pembukaan lapangan pekerjaan bagi milenial yang ingin bertani.

Baca Juga  Sebuah Granat Nanas Ditemukan di Teras Rumah

Menurutnya, ini adalah rencana besar Jawa Barat di tahun 2021 yaitu membuat revolusi pertanian 4.0. Untuk itu, dicari 5000 anak muda Jawa Barat yang mau bela negara dengan menjadi petani 4.0

Dalam cuitan-cuitannya, Ridwan mengatakan, daripada nganggur dan banyak rebahan melamun karena covid, mending gabung aja.

Berikut ini cuitan-cuitannya di media social:

Tanah subur masing-masing dipinjamkan 2000 m2 dari pemprov. Modal dari@bankbjb dan hasil langsung dibeli oleh @agrojabarofficial.

Pendaftaran akan dimulai minggu depan. Daripada jadi pengangguran kan? Salah satu syaratnya mau tinggal ngekos di desa. Menikahi kembang desa adalah pilihan.

Itulah rencana besar tahun 2021, yang saya sampaikan saat pencanangan revolusi pertanian 4.0 di Jawa Barat. Dengan meresmikan smart green house di Wanaraja Garut. Disini produksi pertanian bisa 2 kali lipat hanya dengan konsumsi udara hanya 20 persen dari biasanya, berkat teknologi pertanian yang diterapkan. Dan bisa bertani selama 12 bulan penuh tanpa dipengaruhi dinamika cuaca.

 Hayu, Tinggal di desa, rejeki kota dan bisnis mendunia.

Ayo siapa berminat jadi petani milenial, buruan daftar. (RedG/Riz)

Komentar

Tinggalkan Komentar