oleh

Ribuan Data Penerima Program Sembako di Cimahi Tidak Valid

Cimahi – Ribuan data penerima Program Sembako di Kota Cimahi, pada pelaksanaannya tidak mendapat bantuan tersebut pada Maret dan April 2021. Pasalnya, Pemkot Cimahi mendapati datanya tidak valid.

Menurut data Dinas Sosial Pengendalian Keluarga dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P2KBP3A) Kota Cimahi, data penerima Program Sembako ada 19.438 keluarga penerima manfaat (KPM) selama bulan Februari 2021.

Namun jumlah penerima program yang dulunya bernama Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) itu berkurang pada Maret dan April menjadi 17.093 KPM. Artinya, ada 2.345 KPM yang dibekukan atau tidak menerima bantuan dalam dua bulan itu.

“Itu data bayar selama tiga bulan, memang ada pengurangan, Kalau yang Mei belum muncul data bayarnya” jelas Sekretaris Dinsos P2KBP3A Kota Cimahi, Fitriani Manan, Minggu (30/5/2021).

Dirinya menjelaskan, adanya pengurangan jumlah penerima Program Sembako untuk Maret dan April itu dikarenakan datanya bermasalah berdasarkan hasil verifikasi yang dilakukan baik oleh Kementerian Sosial (Kemensos) RI dan Dinsos P2KBP3A Kota Cimahi.

Permasalahan yang muncul berdasarkan hasil verifikasi di antaranya data penerimanya ganda, ada penerima yang sudah meninggal namun masih tercatat sehingga harus dihapuskan, dan ada permasalahan lainnya.

Dalam verifikasi, Dinsos P2KBP3 Kota Cimahi juga melibatkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Cimahi yang memiliki data kependudukan secara keseluruhan.

“Jadi kan bisa berubah karena NIK tidak sama, ada yang dapat double, penerima bantuan ada yang meninggal. Tugas kita memverifikasi lagi di tingkat bawah. Misalnya gak sesuai kita telusuri, kerjasama dengan Disdukcapil,” ungkap Fitriani.

Ke depan, lanjut dia, penerima Program Sembako kemungkinan berubah lagi. Sebab, baik Kemensos maupun pihaknya akan terus melakukan pendataan dan verifikasi lagi. “Pasti ada perubahan terus karena kita lakukan verifikasi,” tukasnya.

Baca Juga  Bangka Tengah Terima Insentif Fiskal Sebesar 10 Miliar

Kepala Seksi Pemberdayaan Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan pada DinsosP2KBP3A Kota Cimahi, Ratri menambahkan, penerima Program Sembako merupakan bagian dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Penerimanya  mendapatkan bantuan sembako.

“BPNT atau Program Sembako ini penerimanya mendapatkan bantuan pangan melalui E-Warong yang sudah dikerjasamakan,” bebernya.

Komentar

Tinggalkan Komentar