oleh

Resepsi dan Seminar Dalam Rangka Hari Ibu ke 90

Wonogiri- Bertempat di Gedung Serba Guna Griya Kencana Eling Sedulur dilaksanakan kegiatan resepsi dan seminar dalam rangka peringatan Hari Ibu ke-90 tahun 2018 tingkat kabupaten Wonogiri dengan tema ” Bersama Meningkatkan Peran Perempuan dan Laki-Laki Dalam Membangun Ketahanan Keluarga Untuk Kesejahteraan Bangsa”, Kamis (27/12).

Hadir dalam kegiatan Wakil Bupati Wonogiri Edi Santosa , Kasdim 0728/Wonogiri Mayor Inf Nurul Muthahar , Kasi Barang Bukti Kajari Beni Prihatmo, PLT Kepala Dinas PPKB dan P3A Dra. Hartutiningsih, Ketua GOW Sri Sundari.

Laporan yang disampaikan oleh Ketua Panitia Hari Ibu oleh Ny.Fara M. Heri Amrulloh(Ketua Persit KCK Cabang XLIX Kodim Wonogiri) mengatakan peringatan Hari Ibu yang dilaksanakan pada tanggal 22 Desember setiap tahunnya merupakan upaya bangsa Indonesia untuk mengenang dan menghargai perjuangan kaum perempuan Indonesia yang telah berjuang dalam merebut kemerdekaan. Tekad dan perjuangan kaum perempuan Indonesia untuk mewujudkan kemerdekaan Indonesia dinyatakan semenjak kongres perempuan Indonesia yang pertama kali pada tanggal 22 Desember 1928 di Yogyakarta. Peristiwa tersebut merupakan tonggak sejarah bagi perjuangan kaum perempuan Indonesia dan senantiasa diperingati tiap tahunnya oleh bangsa Indonesia.

“Peringatan Hari Ibu diharapkan juga dapat mendorong peningkatan peran serta kemitraan antara perempuan dan laki-laki dalam melanjutkan cita-cita para pendiri bangsa untuk mengisi kemerdekaan. Tujuan untuk meningkatkan peran serta perempuan Indonesia dalam setiap aspek kehidupan berkeluarga bermasyarakat berbangsa dan bernegara menuju pembangunan nasional yang berkelanjutan dan berkeadilan,” jelasnya.

Bentuk kegiatan antara lain senam sehat bersama, lomba memasak lauk keluarga dari bahan lokal ikan peserta lomba dari organisasi wanita se-Kabupaten Wonogiri, bakti sosial yang dilaksanakan ke panti Sasana Tresna wredha, Panti Asuhan Putri Aisyiyah dan SLB ABC. Upacara peringatan Hari Ibu ke 90, ziarah ke Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa, Resepsi dan Seminar dalam rangka peringatan Hari Ibu yang merupakan puncak kegiatan.

Baca Juga  Koramil 22/Slogohimo Bersama Masyarakat Kebut RTLH Milik Karyono

Wakil Bupati Edi Santosa dalam sambutannya menyampaikan kegiatan peringatan Hari Ibu yang dilaksanakan setiap tahun dimaksudkan untuk mengingatkan kita semua Bagaimana perjuangan kaum perempuan Indonesia sebagai bagian yang tidak terpisahkan dalam perjuangan merebut kemerdekaan. Yang lebih utama saat ini adalah bagaimana kaum Ibu tersebut mampu membuktikan diri secara aktif ikut berperan dalam mencapai tujuan negara serta memperjuangkan kesejahteraan di semua bidang Pembangunan seperti bidang pendidikan ekonomi sosial politik dan hukum secara bersama-sama.

“Konsep kesetaraan antara kaum perempuan dengan kaum laki-laki sudah sangat kuat di negara kita akan tetapi masih banyak tugas besar untuk menciptakan kondisi ideal bagi kaum Ibu agar mampu memberikan kontribusi dalam berbagai aktivitas bermasyarakat dan bernegara. Untuk itu akan sangat penting jika bentuk membangun keadilan dan kesetaraan tersebut diawali pada sistem masyarakat yang terkecil yaitu keluarga dengan melakukan langkah nyata mengurangi berbagai problem sosial,” bebernya.

Kegiatan dilanjutkan seminar dengan nara sumber Analisa Widyaningrum dan penyerahan trofi kepada pemenang Lomba Memasak dan dalam rangka menyambut Hari Ibu. Pemenang Lomba Memasak untuk juara I diraih Persit KCK Cabang XLIX Kodim Wonogiri, juara II diraih Salima, juara III Bhayangkari, juara harapan I PIIAD, juara harapan II Dharma Wanita Persatuan, juara harapan III IIDI. Juara lomba Sekolah Ramah Anak, juara I diraih SD N 1 Gondang Purwantoro dengan nilai 268, juara II SD N 1 Wonogiri dengan nilai 260,41, juara III SMP N 1 Eromoko dengan nilai 253,92. (RedG)

 

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed