oleh

Replikasi Penanganan ATS – Gerakan Sekolah Maneh di Jateng

Brebes – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah melalui Bappeda Provinsi Jateng bekerjasama dengan UNICEF dan Mitra Unicef LPPM ITB Semarang  telah berhasil menjadikan Kabupaten Brebes sebagai kabupaten piloting Penanganan Anak Tidak Sekolah (ATS) di tahun 2020. Keberhasilan ini kini direplikasi di tingkat Provinsi dan menjadi salah satu keseriusan Pemerintahan Provinsi untuk memperjuangkan anak di usia belajar tetap dapat mengenyam pendidikan baik di sekolah formal maupun nonformal.

Pemerintah Provinsi melalui Bappeda sebagai koordinator tim GSM tingkat Provinsi bekerja sama dengan UNICEF dan LPPM ITB Semarang mengawali kegiatan di tahun 2021 ini dengan  acara “Rapat Koordinasi dan Sosialisasi bersama Kabupaten Replikasi” pada Jumat 27 Agustus 2021.

Acara ini dibuka Kepala Bappeda Provinsi Jawa Tengah yang diwakilkan kepada Kepala Bidang Pemerintahan Sosial dan Budaya Drs. Edi Wahyono, M.Si dan dilanjutkan dengan sambutan oleh Rektor Institut Teknologi dan Bisnis Semarang Prof. Dr. Y. Sutomo, M.M., dilanjutkan  Ermi Ndoen selaku Kepala Unicef perwakilan Jawa-Bali juga pemaparan materi terkait Penanganan ATS-GSM dan juga program Gerakan Remaja Hebat (GRH).

Kepala Bidang Pemerintahan Sosial dan Budaya,  Drs. Edi Wahyono, M.Si dalam arahannya menekankan bahwa program penanganan ATS ini diharapkan memiliki dampak positif sebagaimana disampaikan “Kami berharap  kerjasama dan pendampingan benar-benar berjalan sesuai substansi dan berdampak positif  bagi pengentasan ATS”.

Ermi Ndoen selaku Kepala Unicef perwakilan Jawa-Bali berterimakasih atas dukungan dan kerjasama Pemerintah tingkat Provinsi yang juga memfokuskan dalam 2 pendekatan yang dapat dilakukan dalam program ini yaitu pendekatan intervensi& pendekatan penanggulangan.

Dr. Jasman Indradno, M.Si selaku Direktur Program GSM & GRH menekankan agar kerjasama antar OPD di tingkat Kabupaten sangat berperan salah satunya dalam memastikan adanya Payung Hukum, tim GSM tingkat Kabupaten hingga Desa, pendataan melalui SIPBM, alokasi anggaran, kerjasama dengan pihak swasta dan masyarakat yang peduli pendidikan dalam pelaksanaan program ini.

Baca Juga  In House Training, Tingkatkan Wawasan Dan Pengetahuan 

Kegiatan virtual ini di hadiri oleh OPD tingkat provinsi sebagai perwakilan tim GSM tingkat Provinsi yaitu Bappeda Jawa Tengah, Kemenag Jateng, Dinas Pendidikan Jateng, Dinpermadesdukcapil Jateng, DP3AP2KB Jateng dan LPPM ITB Semarang sebagai mitra juga 4 Kabupaten replikasi yaitu Kabupaten Jepara, Rembang, Pemalang dan Purbalingga berserta OPD terkait tingkat Kabupaten yang terdiri dari Bappeda, Dinas Pendidikan, Dinas Permades, Dinas Perempuan dan Anak, Dinas Komunikasi dan informatika, Kemenag, dan PIC ini akan dilanjutkan dengan aktivitas dan tahapan-tahapan dalam melaksanakan program GSM dan GRH dengan pendampingan tim Provinsi dan UNICEF dengan total 35 orang.

Meskipun dilaksanakan secara daring tetapi substansi dari kegiatan ini tidak berkurang dan tetap berjalan dengan semangat dan komitmen Kabupaten dalam melaksanakan replikasi GSM.(RedG)

  • Penulis : Huda
  • Editor : Sarwo Edy

 

Komentar

Tinggalkan Komentar