Solo – Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Prof. Jamal Wiwoho, meresmikan Gelora Kampus Merdeka bertempat di belakang Gedung C Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNS, Jumat (6/11/2020). Peresmian Gelora Kampus Merdeka milik FKIP UNS tersebut ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pemukulan gong sebanyak 3 kali oleh Prof. Jamal Wiwoho.

Dalam kesempatan tersebut Prof. Jamal Wiwoho turut didampingi Wakil Rektor bidang Akademik UNS, Prof. Ahmad Yunus, Wakil Rektor bidang Umum dan Keuangan UNS Dr. Bandi, Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNS, Prof. Kuncoro Diharjo, Wakil Rektor bidang Perencanaan dan Kerja Sama UNS, Prof. Sajidan, dan Dekan FKIP UNS, Dr. Mardiyana.

Secara khusus Prof. Jamal mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi dukungan FKIP UNS terhadap program Kampus Merdeka yang telah dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI, Nadiem Makarim.

“Atas nama pimpinan UNS, saya mengucapkan selamat atas pembangunan Gelora Kampus Merdeka UNS. Program Kampus Merdeka merupakan kebijakan Mendikbud dan saya mengapresiasi FKIP yang berinisiatif membangun Gelora Kampus Merdeka ini,” ujar Prof. Jamal.

Prof. Jamal juga mengutarakan harapannya agar 11 fakultas dan Sekolah Vokasi (SV) dapat mencontoh keputusan FKIP UNS yang telah selangkah lebih maju mengimplementasikan Program Kampus Merdeka.

Ditemui secara terpisah, Dekan FKIP UNS, Dr. Mardiyana, menerangkan Gelora Kampus Merdeka dirancang sebagai pusat kegiatan mahasiswa FKIP UNS, baik dibidang olah raga seperti futsal, voli, basket, dan tenis meja, maupun dibidang seni seperti pentas terbuka.

“Selain itu, Gelora Kampus Merdeka ini juga dapat digunakan sebagai pusat diskusi dan Focus Discussion Group (FGD) Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), shelter browsing internet, dan pusat kewirausahaan mahasiswa,” terang Dr. Mardiyana.

Ia menambahkan pihaknya secara khusus melengkapi Gelora Kampus Merdeka dengan bentuk bangunan semi gymnasium yang dilengkapi dengan pencahayaan untuk menunjang kegiatan di malam hari.

Dengan dibangunnya fasilitas terbaru kampus ini, ia berharap agar Gelora Kampus Merdeka dapat mendukung prestasi mahasiswa, baik dibidang minat, bakat, penalaran, kewirausahaan, mendukung status baru UNS sebagai Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN BH), dan mendukung program Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar.

“Implementasi program ini memberi fasilitas kepada mahasiswa untuk belajar sesuai dengan passion-nya. Gelora Kampus Merdeka dapat menjadi wahana pengembangan kompetensi mahasiswa sesuai bakat dan minatnya. Di dalam Gelora Kampus Merdeka, mahasiswa juga dapat belajar berdemokrasi dan latihan kepemimpinan melalui kegiatan-kegiatan di BEM. Jiwa kewirausahaan mahasiswa juga perlu dikembangkan dan disesuaikan dengan kemajuan zaman di era Revolusi Industri 4.0,” pungkasnya. (Humas UNS)

 

Tinggalkan Komentar