oleh

Rayakan Dies Natalis, INISNU Diharap Jadi Rujukan Masyarakat

Temanggung – Rektor Institut Islam Nahdlatul Ulama (INISNU) Temanggung Dr. KH. Muh. Baehaqi menyampaikan capaian kinerja tahunan kampus yang dipimpinnya dalam empat aspek yaitu Catur Dharma Perguruan Tinggi yang terdiri atas pendidikan-pengajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan Aswaja Annahdliyah. Hal itu terungkap pada Sidang Senat Terbuka dalam Rangka Dies Natalis Institut Islam Nahdlatul Ulama (INISNU) Temanggung ke-54 pada Sabtu (20/4/2024).

“Sebagai bagian dari tanggung jawab akademik terkait perkembangan Institut Islam Nahdlatul Ulama (INISNU) Temanggung, kami dengan senang hati menyajikan laporan tahun 2023-2024. Laporan ini memberikan gambaran makro tentang pencapaian INISNU dalam menerapkan prinsip Catur Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan-pengajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan Aswaja Annahdliyah,” katanya.

Dalam sambutannya, Ketua Dewan Pengurus BPP INISNU Temanggung Drs. H. Nur Makhsun mengatakan bahwa kiprah yayasan sejak diberikan SK oleh PBNU fokus pada tiga bidang, yaitu penguatan mutu SDM, sarana dan prasarana, dan kesejahteraan dosen dan karyawan. “Kita sedang ikhtiar beralihbentuk dari AKPER Alkautsar menjadi Universitas dengan menambah kan beberapa Prodi. Sudah kami bentuk tim dan pelibatan LLDIKTI Wilayah Jawa Tengah. Ke depan INISNU akan migrasi dan menyatu di UNU Temanggung menjadi Fakultas Agama Islam,” katanya.

Dalam kegiatan itu, digelar pula kuliah pakar yang disampaikan Katib ‘Aam PBNU KH. Ahmad Said Asrori, dan sekaligus halalbihalal keluarga besar INISNU Temanggung, AKPER Al-Kautsar, dan PCNU Temanggung.

Katib ‘Aam PBNU KH. Ahmad Said Asrori turut menguatkan INISNU sebagai perguruan tinggi yang tegak lurus di PBNU. “Kita akan sampaikan progres INISNU di rapat pleno besok. Jadi harapan kami tidak hanya di Temanggung, tapi INISNU ke depan bisa beralih bentuk menjadi universitas dan minimal menjadi kebanggaan masyarakat di eks karesidenan Kedu,” harapnya.

Baca Juga  26 Personel Bintara Ikuti Apel Pembinaan Tradisi Polairud Polda Jambi

Dalam kesempatan itu, pihaknya mengatakan terdapat delapan indikator Perguruan Tinggi maju. Pertama, lulusan mendapatkan pekerjaan yang layak. Kedua, mahasiswa mendapat pengalaman berharga dari luar kelas atau luar kampus. Ketiga, dosen harus puny kegiatan akademik dan non-akademik di luar kampus. Keempat, praktisi mengajar di dalam kampus dan harus sungguh-sungguh disiplin. Kelima, hasil kerja dosen bisa digunakan oleh masyasyarakat utamanya luaran Tri Dharma Perguruan Tingginya. Keenam, program studi bekerjasama dengan mitra nasional dan internasional. Ketujuh, adanya kelas yang kolaboratif dan prospektif ke depan. Kedelapan, program studi berstandar internasional.

Rangkaian acara dies natalis INISNU Temanggung, sudah dimulai sejak tanggal 31 Januari 2024 dimulai dengan kick of Dies Natalis INISNU Temanggung dengan dibersamai silaturahmi kebangsaan. kemudian hari berikutnya pada tanggal 9 maret 2024 dilaksanakanya ziarah muasis. Dilanjut Ngabuburit Happy dan Buka Puasa Bersama bekerjasama dengan Djarum 76 dilaksanakan pada tanggal 20 Maret 2024. Pada hari berikutnya tanggal 20 Maret 2024 diadakanya acara studium generale, dan hari Sabtu 20 April 2024 ini digelar Sidang Senat Terbuka sebagai puncak perayaan Dies Natalis.

Sidang Senat Terbuka dalam rangka Dies Natalis INISNU Temanggung yang ke-54 ini, mengangkat tema “Berkolaborasi Membangun Sinergi Dan Kualitas” yang dilaksanakan di Hall Babussalam NU komplek INISNU Temanggung yang dihadiri ratusan peserta.

Dalam kesempatan itu, melalui Surat Keputusan Rektor Institut Islam Nahdlatul Ulama Temanggung Nomor: Ins.21/R/Km.06/005/Iv/2024 tentang Pemberian Penghargaan Mahasiswa Berprestasi dalam Rangka Dies Natalis Ke-54 Institut Islam Nahdlatul Ulama Temanggung Tahun 2024, dosen dan tenaga kependidikan berprestasi yang dibacakan Wakil Rektor I INISNU Temanggung Dr. Hamidulloh Ibda, sejumlah dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa mendapatkan penghargaan.

Baca Juga  Pelaku Penipuan Semen di Jambi, Ditangkap di Jakarta

Penghargaan dosen of the year kategori dosen bidang pendidikan dan pengajaran dianugerahkan kepada Ibu Sholeh Kurniandini, S.P,. M.M. Penghargaan dosen of the year kategori dosen bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dianugerahkan kepada Asih Puji Astuti, S.Sos.I., M.A. Penghargaan dosen of the year kategori bidang publikasi ilmiah terbanyak dianugerahkan kepada Bapak Dr. Hamidulloh Ibda, M.Pd.

Selanjutnya, penghargaan kategori tenaga kependidikan dianugerahkan kepada Bapak Rizal Setiawan S.S. Penghargaan kategori mahasiswa berprestasi akademik dan non akademik dianugerahkan kepada Masykur Azka Farkhan dengan NIM 1221019 Program studi Ekonomi Syariah. Selanjutnya penghargaan kategori artikel ilmiah populer dianugerahkan kepada Muhammad Hakim Nazib dengan NIM 1121020 Program Studi Hukum Keluarga Islam. Penghargaan yang selanjutnya adalah pemenang lomba desain logo Dies Natalis INISNU Temanggung ke-54 dianugerahkan kepada Muhammad Luthfi dengan NIM 1220010 Program Studi Ekonomi Syariah.

Selain itu, INISNU Temanggung memberikan penghargaan kepada para doktor baru. Pertama, Dr. Muhammad Syakur, M. H. sebagai wisudawan doktor terbaik tercepat dari Program Doktor Ilmu Syariah, Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Kedua, penghargaan dianugerahkan kepada Dr. Hamidulloh Ibda, M.Pd., yang merupakan wisudawan doktor, dengan Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) melalui keberhasilannya menulis dua artikel terindeks Scopus Q3, berdasarkan Peraturan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta Nomor 21 Tahun 2020 tentang Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) sehingga ditetapkan bebas Ujian Terbuka. Ketiga, penghargaan dianugerahkan kepada Dr. Rhindra Puspitasari, M.Pd., sebagai dosen inspiratif peraih beasiswa S3 LPDP dalam negeri. (RedG /*)

Komentar

Tinggalkan Komentar