oleh

Ratusan Warga di Kota Semarang Menggelar Aksi Solidaritas Palestina

Semarang – Aksi solidaritas untuk Palestina digelar sejumlah elemen di depan halaman Gubernuran Provinsi Jawa Tengah, Jumat (21/5/2021) siang.

Ada sekitar ratusan masa aksi dari berbagai elemen masyarakat Jawa Tengah untuk membela Palestina dari agresi militer Israel. Beberapa peserta aksi yang tergabung, antara lain Masyarakat Relawan Indonesia, Relindo, KAMMI, HMI, elemen mahasiswa dan ormas Islam.

Koordinator Aksi, Taufiqurrahman mengatakan, aksi ini bertujuan untuk solidaritas masyarakat Palestina yang sedang dibombardir oleh Israel.

“Hari ini untuk melakukan aksi solidaritas untuk masyarakat Palestina yang sejak 10 Mei kemarin itu dibombardir oleh tentara Israel, ” kata Taufiq di sela-sela aksi solidaritas, kepada wartawan, Jumat (21/5/2021).

Dia menegaskan, aksi Israel dengan Palestina harus dihentikan dan jalan satunya adalah memerdekakan Palestina sesuai yang sudah diatur oleh Undang-Undang 1945.

“Kami mendorong kekerasan itu harus dihentikan. Jalan satunya adalah memerdekakan Palestina. Sesuai dengan amanat Undang-Undang 1945 dan pesan dari Soekarno bahwasanya Insyallah selama kemerdekaan Palestina belum terjadi Indonesia tetap berjuang di samping Palestina dalam berjuang, “ungkapnya.

Aksi penggalangan dana untuk Palestina di halaman Kantor Gubernur Jateng (Foto: Istimewa)

Menurut Taufiq, aksi solidaritas Palestina tersebut bertujuan agar masyarakat lebih peduli dengan peristiwa di Palestina.

Ia mengaku apresiasi terhadap tindakan Pemerintah Indonesia sudah menyuarakan sikap solidaritas kepada Palestina melalui Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno LP Marsudi M di Debat Umum Sidang Pleno ke-67, Sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (SMU PBB), yang digelar pada Kamis 20 Mei 2021.

“Mengajak masyarakat agar lebih care hal yang terjadi Palestina. Kita mengapresiasi apa yang dilakukan Pemerintah Indonesia melalui sidang umum PBB yang diwakilkan oleh Bu Retno Marsudi. Dia menyatakan dengan tegas Palestina harus mendapatkan haknya untuk menghentikan serangan-serangan di sana, “ujarnya.

Baca Juga  Kapolri Tinjau Vaksinasi Massal di Kota Semarang

Dalam aksi tersebut peserta membentangkan spanduk dan poster salah satunya ‘Masyarakat Jawa Tengah Bersatu Bebaskan Palestina’. Dan melakukan pengalanggan dana untuk Palestina yang akan disalurkan ke Aksi Cepat (ACT).

“Insyallah akan disalurkan ke Aksi Cepat Tanggap (ACT) dan langsung ke Palestina, ” pungkasnya.(RedG/Dicky Tifani Badi)

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed