Ratusan Kicau Mania Semarakkan Dandim Wonogiri Cup

Wonogiri – Dalam rangka memeriahkan HUT TNI Ke 73, Kodim 0728/Wng bekerja sama dengan Independen Wonogiri Bersatu menggelar kegiatan lomba Burung Berkicau Dandim 0728/Wng Cup, dengan mengusung tema “Bersama Rakyat TNI Kuat” yang diadakan di halaman eks Terminal Induk Wonogiri, Minggu (28/10).

 

Komandan Kodim 0728/Wng Letkol M. Heri Amrulloh yang diwakili Kasdim 0728/Wng Mayor Inf Nurul Munthahar menyampaikan kegiatan Lomba Burung Berkicau Dandim Cup tersebut dapat memupuk persatuan dan kesatuan dan persaudaraan untuk menjalin kebersamaan antar masyarakat.

“Melalui lomba burung kita dapat membangun sportivitas dalam lomba dan mencari bibit juara ditingkat atas serta dapat meningkatkan ekonomi masyarakat melalui harga jual burung,” ujarnya.

Dia menambahkan kegiatan lomba diikuti 130 peserta yang terdiri dari daerah Jateng, DIY dan Jatim, mungkin ini momen yang terbilang besar yang selama ini di selenggarakan di kabupaten Wonogiri.

“Kami juga berharapan kegiatan ini dapat bermanfaat dan dapat meningkatkan silaturrahmi antar peserta harapan kita Wonogiri akan tetap kondusif,” katanya.

Dalam penilaiannya, tim juri dari Independen Wonogiri Bersatu, dijelaskan oleh ketua penyelenggara Bian Pesona, melakukan penilaian irama dan lagu yang dihasilkan dari kicauan burung. Sementara menjadi nilai paling utama adalah suara dan speed.

“Semakin banyak variasi suara, semakin tinggi nilainya. Semakin cepat irama atau lagunya, semakin tinggi nilainya. Untuk suara atau volume, semakin keras suaranya, semakin tinggi nilainya. Sedangkan fisik atau gaya, juri melihat bagaimana gerak dan olah tubuh si burung,” beber Bian.

Kali ini jenis burung yang dilombakan meliputi Love Bird, Pleci, Anis Merah, Murai Batu, Cucak Hijau, Kacer dan Kenari.

Sementara perlombaan dibagi atas 12 kelas sesuai dengan keahlian dan performa masing-masing burung. Untuk kelas yang dilombakan terdiri Love Bird Pasi Intel, Pleci Pasiter, anis merah Pasiintel, Murai Batu Dandim, Kacer Kasdim, Love Bird Pasi Intel, Cucak Ijo Dandim, Love Bird Kasdim, Kenari Bebas Pasi Intel, Cendet Pasi Intel, Pleci Pasiter, Anis Merah Pasiops.

Dan keluar sebagai juara di kelas bergengsi Murai Batu Dandim Cup, juara I Arik Kandidat single fighter (SF), Juara II Salsa Bila Bhayangkara Big Club (BC) dan Juara III Putra Kantong Big Club (BC). Di kelas Cucak ijo Dandim, juara I Putra Korma, Juara II Dino Lestari dan Juara III Harun. di kelas Kacer Kasdim Juara I dr Adi, Juara II Mblebet dan Juara III Damar. Dan di kelas Murai Batu Kasdim Juara I Arik Kandidat, Juara II Arik Kandidat, dan Juara III Salsa Bila. (RedG)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *