oleh

Rasulan Dusun Balong, Desa Glinggang, Kearifan Lokal yang Masih Dijaga

Wonogiri – Kegiatan bersih dusun atau rasulan telah menjadi tradisi yang mengakar kuat secara turun temurun dalam kehidupan masyarakat Pracimantoro. Hampir bisa ditemui di semua wilayah Pracimantoro menggelar rasulan sesuai hari yang telah ditetapkan oleh masing-masing dusun.

Seperti halnya di Dusun Balong, Desa Glinggang, Kecamatan Pracimantoro telah dilaksanakan bersih dusun dengan menggelar kesenian wayang kulit semalam suntuk, dengan dalang Ki Bagong dan lakon “Wahyu Makutoromo” yang dilaksanakan pada Rabu(19/6) Malam.

Hadir dalam acara tersebut Camat Pracimantoro Warsito , Danramil 13/Praciamantoro Kapten Cba Budi Waluyo yang diwakili oleh Kopda Sugiharto, Polsek Pracimantoro Aiptu Suratman dan Bripka Ahmadi, Anggota DPRD Wonogiri Wawan, Kepala Desa Glinggang Gunarto dan seluruh Perangkat Desa Glinggang.

Dalam kegiatan tersebut, Camat Pracimantoro Warsito memberikan sambutan kepada para hadrin yang hadir untuk secara bersama-sama menjaga kebudayaan yang sudah turun temurun dari nenek moyang supaya jangan sampai punah.

“Dengan di adakannya bersih dusun, semoga masyarakat Dusun Balong menjadi gemah ripah loh jinawi. Kita juga harus menjaga ketertiban dan keamanan selama acara hiburan berlangsung,” imbuhnya.(RedG)

Komentar

Tinggalkan Komentar