oleh

Ramson Rangkul BPOM Berikan Edukasi  Keamanan Konsumsi Obat dan Makanan

Pemalang – Reses yang dilakukan oleh Anggota DPR RI Komisi IX Ramson Siagian MBA di Pemalang kali ini berbeda dengan Reses sebelumnya. Melalui program Komunikasi Informasi Edukasi (KIE) menggandeng Balai Besar Pengawas Obat dan Minuman (BBPOM) untuk memberi edukasi pentingnya pengetahuan obat dan makanan bagu masyarakat.

Dilaksanakan di Desa Tegalmlati, Kecamatan Petarukan, Kabupaten Pemalang, Kamis (14/10) Ramson mengapresiasi kegiatan KIE ini.

 

“Program KIE ini penting dan sangat bagus, karena perlindungan untuk masyarakat sebagai konsumen dari berbagai produk makanan dan obat-obatan yang beredar di Jawa Tengah khususnya di Pemalang,” ujarnya.

Bung Ramson juga berharap kegiatan KIE ini bisa diadakan di setiap kabupaten dengan pertemuan secara langsung karena bisa langsung menjawab kekhawatiran masyarakat, walau secara online juga harus tetap dilakukan sosialisasinya.

“Agar tidak ada terjadi hal-hal yang berakibat buruk, edukasi seperti ini penting dilakukan, dan kami dari komisi IX DPR RI siap mengawal bersama BPOM untuk mengadakan acara langsung bertemu warga, namun kondisi sekarang harus tetap sesuai protokol kesehatan,” katanya.

Ditempat yang sama, Sandra Lintin Kepala Badan POM Jawa Tengah mengatakan kegiatan KEI ini sebagai salah satu cara mencegah maraknya makanan dan obat yang tak layak edar.

“Masyarakat harus terus diedukasi, dan diberikan informasi yang tepat mengenai makanan dan obat yang boleh dikonsumsi, selain sosialisasi via sosial media, kami juga perlu turun langsung ke masyarakat, selain menghindari informasi yang hoaks, kami juga bisa langsung diskusi dengan masyarakat,” ujarnya.

Selain itu, BPOM juga akan menindaklanjuti informasi yang disampaikan dari masyarakat terkait produk makanan, atau juga kosmetik yang sudah beredar di masyarakat.

“Kami juga mendengar langsung dari peserta, terutama ibu ibu ya, terkait kosmetik, karena memang penjualan online juga sangat marak, dan yang jadi korbannya ibu-ibu atau remaja putri yang tertarik dengan iklan kosmetik di sosmed, dan tentunya kami akan respon juga laporan yang masuk,” jelasnya.

Baca Juga  Peringati HUT TNI Ke 73, Kodim 0711/Pemalang Lakukan Aksi Donor Darah

Dalam hal ini Kepala Desa Tegalmlati Kusmanto menyampaikan, “Alhamdulillah, Desa kami mendapat kunjungan dari anggota DPR RI, Bung Ramson dan BPOM, saya kira info yang disampaikan tadi sangat bermanfaat bagi warga, terutama dalam konsumsi obat obatan, karena bagi warga kami akan mengetahui tentang bagaimana pentingnya peredaran baik obat atau makanan yang jelas jelas kita konsumsi setiap hari, maka dengan adanya ini akan menjadi wawasan pengetahuan kami akan lebih luas dan berhati hati ” jelasnya

  • Penulis. : Rokhim
  • Editor : Sarwo Edy

Komentar

Tinggalkan Komentar