oleh

Rajut Kerukunan Antar Lapisan Masyarakat, Bagikan Ratusan Menu Buka Puasa Gratis

Kota Pekalongan – Ribuan pcs menu buka puasa dan takjil dibagikan secara gratis kepada masyarakat yang tengah menjalankan ibadah puasa. Aksi sosial ini dipelopori oleh Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Kota Pekalongan bersinergi dengan Pemerintah Kota Pekalongan, TNI Kodim 0710/Pekalongan, kepolisian dari Polres Pekalongan Kota, Brimob, dan organisasi masyarakat (ormas). Berbagai elemen masyarakat itu berkumpul dan membaur jadi satu penuh kerukunan tanpa memandang Suku, Agama, Ras, dan Antar golongan (SARA) di Lapangan Jetayu Kota Pekalongan, Kamis sore (13/4/2023).

Walikota Aaf, sapaan akrabnya mengapresiasi atas kegiatan positif yang dilakukan PSMTI Kota Pekalongan, ormas, TNI, Polri, Brimob, dan sejumlah pihak terkait. Menurutnya, megiatan ini menjadi suatu gambaran Kota Pekalongan yang masyarakatnya guyub rukun, saling peduli, tanpa memandang perbedaan suku, agama, dan budaya.

“Kami menyampaikan terimakasih kepada PSMTI sebagai komunitas masyarakat Tionghoa di Kota Pekalongan membagikan ribuan menu buka puasa seperti nasi lengkap dengan lauk-pauk serta takjil secara gratis kepada masyarakat,” ungkapnya.

Disampaikan Aaf, meski paguyuban masyarakat Tionghoa ini tidak menjalankan puasa, tetapi mereka masih peduli terhadap sesama yang menjalankan ibadah puasa Ramadhan ini. Pihaknya berharap, melalui kegiatan ini, semua unsur masyarakat di Kota Pekalongan bisa semakin solid, guyub rukun, dan saling menjunjung tinggi toleransi.

“Bahkan, dalam kegiatan ini juga ada bazar minyak goreng murah sebagai upaya menekan inflasi. Jangan sampai ada kelangkaan kebutuhan pokok. Mudah-mudahan semuanya bisa saling guyub rukun untuk Kota Pekalongan ke depan yang lebih baik, maju, dan rahat,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua PSMTI Kota Pekalongan, Ferdinandus Soleh Dahlan menuturkan, PSMTI Kota Pekalongan menyelenggarakan buka bersama dengan kaum masyarakat muslimin dengan menyediakan sebanyak 2.500 pcs menu berat hidangan buka puasa dan 600 pcs takjil secara gratis untuk masyarakat. Kegiatan ini berlangsung tertib dengan dukungan kerjasama Pemkot, TNI, Polri, Brimob, dan ormas.

Baca Juga  Pedagang Keliling Terima Bansos dari PT. Puncak Jaya Samudera dan PWI Pemalang

“Tujuan kegiatan ini adalah agar masyarakat lebih guyub, tidak ada perbedaan, tidak ada politisasi identitas, dan tetap menjaga kerukunan antarsesama,” terangnya.

Lanjut Soleh menambahkan, menjelang pemilu serentak, masyarakat dihimbau jangan mau diadu domba oleh sekelompok tertentu untuk kepentingan tertentu. Kegiatan ini rutin diadakan setiap tahun saat Bulan Ramadhan. Disamping pembagian menu buka gratis, PSMTI juga membuka bazar minyak goreng murah yang dibanderol dengan Rp15 ribu/liter untuk membantu meringankan beban masyarakat yang membutuhkan.

“Kami ingin membentuk jalinan kerukunan antar lapisan masyarakat mulai dari Pemkot, TNI, Polri, dan masyarakat. Harapannya, masyarakat bisa merayakan Lebaran dengan lancar dan kondusif serta saling menghormati,” tandasnya. (RedG/Ali)

Komentar

Tinggalkan Komentar