oleh

PT BRM, Sampaikan Permohonan Maaf Ke Petani Jahe Merah Bangka Tengah

Pangkal Pinang — PT Berkah Rempah Makmur (BRM) menyampaikan permohnan maaf atas permasalahan yang dihadapi mitra PT BSM yakni petani jahe merah dalam menjalankan Program Budidaya Jahe Merah, Jumat (5/1/2024).

Diketahui, program yang dimulai sejak April 2021 ini memfasilitasi 400 petani jahe merah di 13 kelurahan Kabupaten Bangka Tengah untuk meningkatkan perekonomian petani disaat pandemi COVID-19 melanda melalui dukungan Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Ada beberapa hal yang ingin disampaikan PT BRM perihal program budidaya jahe merah, diantaranya.

Program bekerjasama antara PT BRM dengan Bank Sumsel Babel selaku penyalur kredit bersama Lembaga Penjamin Kredit

Budidaya Jahe ini dijalankan dengan mensosialisasikan poin – poin program kepada masyarakat terkait teknis budidaya dan pembiayaan sebelum akad Kredit antara petani jahe merah dengan penyalur Kredit.

Pembiayaan yang disalurkan sebesar 10 juta rupiah dengan meliputi 1 juta rupiah uang tunai, serta 9 juta dalam bentuk media tanam seperti 300 polybag, bibit, pupuk dan pendampingan.

Proses KUR ini dijalankan tanpa meminta agunan kepada petani, melainkan jaminan dari lembaga penjamin kredit. Adapun pembayaran dilakukan setelah adanya panen jahe merah, bukan iuran bulanan.

Sejak 2021 program dijalankan, Saat ini PT BRM melakukan pendataan terkait kondisi lapangan, ada yang sudah berhasil panen serta ada juga yang mengalami gagal panen terkait beberapa faktor diantaranya hama serta cuaca.

Selain dari itu, PT BRM berupaya melakukan koordinasi dengan pihak Bank Sumsel Babel selaku penyalur Kredit dan Lembaga Penjamin Kredit untuk memberikan solusi terhadap beberapa masalah yang dihadapi para petani budidaya jahe merah.

Dalam kesempatan ini, PT BRM diwakili Pak Supiat menyampaikan waktu dekat akan mengumpulkan para petani yg masih ada permasalahan tunggakan Kredit KUR Program ini, di luar yang sudah diselesaikan sekitar 100 debitur.

Baca Juga  Selamat dan Sukses, Pindah  Satuan

PT BRM sekali lagi menyampaikan mohon maaf atas permasalahan yang dihadapi pada petani jahe merah saat ini serta mengucapkan terima kasih atas partisipasinya,” imbuhnya (RedG/**).

Komentar

Tinggalkan Komentar