oleh

PT Bayu Berlian Makmur Bersama Kodim 0725/Sragen Tanam Ratusan Bibit Jambu Mete di Desa Bagor

Sragen-Kodim 0725/Sragen kembali melaksanakan kegiatan reboisasi dan penghijauan di Dukuh Genengsari, Desa Bagor Kecamatan Miri. Kali ini Kodim memilih pohon jambu mete untuk ditanam di lokasi tersebut.

Jambu mete dinilai cocok ditanam di desa tersebut. Sebanyak 200 pohon dittanam di tanah lahan kas desa seluas 4000 meter persegi, Selasa, 14/02/2023.

Dandim 0725/Sragen Letkol Inf Yoga Yastinanda, S.IP menyampaikan apresiasi positif dan ucapan terima kasih kepada segenap pihak atas kepedulian dan kerja sama, dalam upaya pemulihan dan pelestarian lingkungan di Kecamatan Miri khususnya di Desa Bagor, melalui gerakan menanam.

Pada kesempatan tersebut Dandim mengajak kepada yang hadir dalam acara penanaman pohon untuk selalu
menjaga bumi, dimulai dengan menjaga kehijauan lingkungan yang ada di sekitar rumah dengan melakukan hal yang sederhana namun sangat bermanfaat bagi semua serta menjaga ekosistem dan lingkungan terutama demi menjaga ketersediaan air didalam tanah.

“Mudah-mudahan program penghijauan lingkungan ini, mampu ditangkap dan ditanggapi positif oleh masyarakat Kecamatan Miri dan sekitarnya, beserta para pihak yang terkait, sehingga kegiatan ini dapat membuahkan hasil yang bermanfaat bagi upaya konservasi lingkungan di Kabupaten Sragen secara umum maupun di Kecamatan Miri khususnya,” ulasnya.

Dandim berharap kegiatan menanam tersebut nantinya dapat ditindaklanjuti secara terintegratif dan berkelanjutan, serta dikawal dan diawasi dengan seksama, sehingga upaya-upaya konservatif lingkungan, benar-benar tepat sasaran, bermanfaat bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat, tidak sekedar formalitas semata, dan tidak menjadi program yang sia-sia.

“Kali ini mungkin baru ratusan pohon yang akan ditanam di sekitar kawasan Kecamatan Miri, namun kedepan dari ratusan pohon tersebut dapat menyelamatkan ratusan mata air yang berguna bagi ribuan penduduk di Kecamatan Miri ini,” tegas Dandim.

Baca Juga  Mahasiswa KKNT UMP 2021 Gelar Pelatihan Pcembuatan Hand-Sanitizer

Lebih lanjut Dandim yang merupakan Alumni AKMIL 2003 menjelaskan beberapa manfaat dari penghijauan lingkungan yaitu membantu mengurangi polusi udara, mengurangi dampak perubahan iklim, meningkatkan kesehatan fisik, memberikan perlindungan dari panas matahari, menjaga kesehatan mental, sebagai rumah bagi satwa liar dan menyimpan cadangan air.

Mengakhiri sambutannya Dandim berpesan agar pelestarian kawasan hijau yang ada di Desa Bagor Kecamatan Miri harus menjadi agenda rutin bagi seluruh jajaran Pemerintah Kecamatan Miri maupun wilayah lainnya, karena hal ini sangat berpengaruh pada kelestarian dan kerindangan kawasan tersebut.

Acara dilanjutkan penanaman pohon mete secara simbolis oleh Dandim Sragen bersama Ali Rahmanto (Camat Miri), Letda Inf Suparno (Pjs Danramil Miri), AKP Suyono, SH (Kapolsek Miri), Sugiyono Tyson perwakilan PT. Bayu Berlian Makmur (BBM) dan lainnya.(RedG/* /AY)

Komentar

Tinggalkan Komentar