Wonogiri – Bertempat di Dusun Balong Desa Glinggang, Babinsa Desa Glinggang telah dilaksanakan kegiatan Program Indonesia Sehat-Pendekatan Keluarga (PIS-PK) kepada warga Dusun Balong Desa Glinggang Kecamatan Pracimantoro, Rabu (25/7/18).

 

Hadir dalam kegiatan tersebut Babinsa Desa Glinggang Pelda M. Arifin, UPTD Puskesmas Pracimantoro I dr. Srisetyaningsih, UPTD Puskesmas Pracimantoro I Lilis Susanti, AMd.Keb, dan Bidan Desa Glinggang Ely Endra Puspita.

Adapun kegiatan Program Indonesia Sehat-Pendekatan Keluarga (PIS-PK) yang disampaikan oleh dr. Srisetyaningsih, merupakan tindak lanjut pembinaan Puskesmas dalam rangka pelaksanaan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK). Peningkatan Mutu Pelayanan Kesehatan kepada warga masyarakat untuk monitoring kesehatan sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 39 tahun 2016 tentang Pedoman Penyelenggaraan PIS-PK.

“Memonitoring dan mengevaluasi peningkatan kesehatan masyarakat ini harus selalu dilakukan agar segala hambatan sekecil apapun dapat diperbaiki sehingga nantinya peningkatan kualitas implementasi dapat ditingkatkan,” ujarnya.

Dia menuturkan program PIS-PK bukan merupakan program baru yang ada di Kementerian Kesehatan, program ini sebelumnya telah berjalan dengan implementasi yang berbeda, serta tingkat penekanan yang berbeda. Data-data yang sebelumnya tersebar di berbagai sektor, dapat di ketahui bersama-sama melalui PIS-PK.

“Pelaksanaan PIS-PK ditekankan pada integrasi pendekatan akses pelayanan kesehatan, ketersediaan tenaga kesehatan, pembiayaan serta sarana dan prasarana termasuk upaya program kesehatan masyarakat dan perseorangan yang mencakup seluruh keluarga dalam wilayah kerja UPTD Puskesmas Pracimantoro I dengan meperhatikan manajemen Puskesmas,” tegasnya. (RedG)

Tinggalkan Komentar