oleh

Prodi PGMI STAINU Temanggung Gelar Scouting Skills

Temanggung – Mahasiswa Semester V PGMI STAINU Temanggung mengikuti kegiatan scouting skills, sebagai rangkaian akhir tugas mata kuliah kepramukaaan. Wakil ketua 1 bidang akademik dan kemahasiswaan STAINU Temanggung, Jajaran Dosen Prodi PGMI STAINU Temanggung, Wahyu Egi Waidayat, Wahyu Ratnasari dari Kwarcab Temanggung, Ahmad Syarifudin dari MI Mojotengah, Kedu sebagai pemateri kegiatan yang dilakasanakan di Gedung Tarbiyah STAINU Temanggung pada Kamis (28/1/2021).

M. Fadlloli Al Hakim, M.Or, Dosen pengampu mata kuliah kepramukaan menyampaikan terdapat perubahan rencana kegiatan yang semula akan dilaksakan Kursus Mahir Dasar (KMD)kemudian menjadi kegiatan scouting skills. “Kondisi yang belum memungkinkan sehingga KMD kita ganti dengan scouting skills, kegiatan ini tidak mengurangi esensi utama dari tujuan mata kuliah kepramukaan, dikarenakan tujuan utama kegiatan ini agar mahasiswa memiliki bekal pengetahuan dan keterampilan kepramukaan.” Selain itu, dia juga mengucapkan terimakasih kepada panitia dan pihak yang telah mendukung terselanggaranya kegiatan yang dilakukan dengan memenuhi standart protokol kesehatan itu.

Sementara itu, Andrian Gandi W, selain menyampaikan ucapan terimakasih kepada pihak yang berkenan mendukung terselanggaranya kegiatan ini dia juga menjabarkan sejarah gerakan Pramuka di Indonesia.”Pramuka di Indonesia erat kaitannya dengan Sri Sultan Hamengkubuwono IX, beliau mengawal Gerakan Pramuka pada 9 Maret 1961, saat Presiden Sukarno membentuk Panitia Pembentukan Anggaran Dasar Gerakan Pramuka. Kemudian Pada tanggal 14 Agustus 1961, diperingati sebagai Hari Pramuka. Dedikasi beliau menjadikannya dianugerahi gelar Bapak Pramuka Indonesia.” Selama menjalankan kepemimpinan Sri Sultan Hamengkubuwono IX dapat dikatan pemimpin “profetik” yang mampu menjalankan amanahnya dengan mengintegrasikan logika berpikir, kecerdasan, sikap profesional, serta spiritualitas”, semoga bekal tersebut dapat diperoleh mahasiswa selama mengikuti kegiatan pelatihan kepramukaan ini.” Ujarnya

Baca Juga  Mahasiswa PGMI Ziarah ke Mbah Dalhar Magelang

Effi Wahyuningsih, M.Pd Dosen PGMI STAINU Temanggung turut memberikan motivasi kepada peserta scouting skills. “Milikilah sifat kepramukaan yang seharusnya dimiliki anggota pramuka, tetap semangat, jaga kesehatan, jaga protokol kesehatan, dan setelah selesai memperoleh manfaat.”

Wakil Ketua 1 Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Hamidulloh ibda, M.Pd menyampaikan pentingnya mengimplementasikan Gerakan Pramuka Dasa Darma Pramuka. “Poin pertama, takwa terhadap Tuhan yang Maha Esa, sebenarnya sangat Pancasilais sekali, apalagi kalau sampai poin sepuluh, suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan.”Puncak dasa darma diawali dengan takwa, kemudian finalnya pada point sepuluh. Sehingga melalui dasa darma ini terdapat korelasi antara iman, ilmu dan amal. Perubahan besar itu dimulai dari perubahan cara berpikir. Minimal kegiatan ini mampu membuka cakrawala kepramukaan mahasiswa sehingga memiliki bekal pengetahuan dan keterampilan kepramukaan yang dapat diimplementasiian di MI/SD.”

Pihaknya menambahkan adanya potensi scoutingpreneurship yang dapat dijadikan peluang bagi mahasiswa dan apresiasi terselenggaranya acara. “Bekal kecakapan dan ketersediaan alat kepramukaan yang tidak begitu banyak dapat dijadikan peluang bagi mahasiswa. Akhirnya kami ucapkan terimakasih, kepada jajaran prodi, panitia dan pemateri. Semoga acara ini menjadi upaya dalam menyiapakan calon guru MI/SD yang tidak hanya memiliki bekal pengetahuan namun memiliki kecakapan dalam kepramukaan.” (RedG/HI)

Komentar

Tinggalkan Komentar