oleh

Prodi DKV FSRD ISI Surakarta Ujian Pendadaran Secara Online

Surakarta – Melalui beragam tema karya tugas akhir mahasiswa, Prodi DKV FSRD ISI Surakarta mengadakan ujian pendadaran melalui kolaborasi sejumlah media online.

Kondisi dari dampak pandemik virus Covid-19, salah satunya aturan untuk WFH (Work From Home) maka agar tidak menghambat proses pelaksanaan Tugas Akhir mahasiswa diperlukan solusi dan ide kreatif untuk proses ujian pendadaran masih dapat berlangsung.

Asmoro Nurhadi Panindias, S.Sn., M.Sn. (Kaprodi DKV FSRD ISI Surakarta), Selasa (14/4) mengatakan Prodi DKV FSRD ISI Surakarta dalam proses ujian tugas akhir menggunakan fasilitas video confference secara online agar mahasiswa tugas akhir baik Jalur Skripsi dan Jalur Karya bisa dilaksanakan.

“Ujian Akhir ini berlangsung selama satu minggu mulai hari Senin, 6 April sampai Senin, 13 April 2020 dengan 8 (delapan) mahasiswa TA dengan beragam tema yang diangkat, baik seputar kajian visual cover majalah, ilustrasi label minuman dalam kemasan, kampanye keselamatan pendakian gunung, perancangan boardgame konten edukasi motif batik Nusantara, analisis desain layout poster, kajian gaya visual iklan di media sosial, desain identitas visual kuliner, dan perancangan buku komunitas lettering,” katanya.

Dikatakannya, pelaksanaan ujian pendadaran online yang terdiri dari 4 (empat) tugas akhir mahasiswa jalur skripsi dan 4 (empat) tugas akhir mahasiswa jalur karya ini baru pertama kali dilaksanakan oleh Prodi DKV FSRD ISI Surakarta sebagai solusi dari mewabah nya virus Corona yang mengharuskan semua baik dosen penguji dan mahasiswa bekerja dari rumah yang tentunya memerlukan penyesuaian baik secara teknis dan psikologis.

“Meskipun ujian lewat media online, standar dan kualitas baik proses ujian, materi, presentasi, pameran lewat Instagram, dan laporan karya tugas akhir mahasiswa ini tetap dipertahankan seperti halnya proses ujian pendadaran lewat media konvensional dan diharapkan mahasiswa ini dapat mengikuti wisuda yang direncanakan pada bulan Juli tahun ini. bersamaan dengan Dies Natalis ISI Surakarta,” ungkapnya.

Baca Juga  BARSAMBAT#2, Branding Design Exhibition

Lebih lanjut ditambahkannya, melalui media online baik video confference dan Instagram ini diharapkan proses tugas akhir mahasiswa tidak terhambat dan menjadi solusi alternatif proses belajar mengajar yang disesuaikan dengan karakter bidang ilmu desain komunikasi visual ditengah menyebarnya virus Corona.(red)

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed