oleh

Prodi Deskomvis Raih Jumlah Peminat Tertinggi SNMPTN ISI Surakarta

Surakarta- Prodi Desain Komunikasi Visual meraih jumlah peminat terbanyak mahasiswa baru lewat jalur SNMPTN di ISI Surakarta Tahun 2020.

Penerimaan Mahasiswa Baru PTN Tahun 2020 dilaksanakan melalui tiga jalur yaitu (1) Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dengan kuota minimum 20% dari daya tampung PTN; (2) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dengan kuota minimum 40%; dan (3) Seleksi Mandiri maksimum 30%.

Asmoro Nurhadi Panindias, S.Sn., M.Sn. (Kaprodi DKV FSRD ISI Surakarta), Rabu (11/3) mengatakan tahun ini lewat Jalur SNMPTN, Prodi Desain Komunikasi Visual meraih jumlah peminat terbanyak dengan perbandingan 1: 5 untuk pendaftar, disusul Prodi Televisi dan Film dengan perbandingan 1: 4 untuk pendaftar, sedangkan peringkat ketiga diraih Prodi Seni Tari dengan perbandingan 1: 3.

“Raihan prestasi sebagai program studi yang favorit dan diminati ini tidak lepas dari kinerja dan prestasi dari civitas akademik baik mahasiswa, dosen, dan staf administrasi di tingkat program studi sehingga berdampak kepada peningkatan jumlah peserta yang mendaftar lewat Jalur SNMPTN tahun 2020 ini. Selain itu promosi serta publikasi yang dilakukan secara terprogram kepada masyarakat luas juga mendukung prestasi tersebut,” ungkapnya.

Dia menambahkan penerimaan mahasiswa baru harus memenuhi prinsip kredibel, adil, transparan, fleksibel, efisien, dan akuntabel serta tidak diskriminatif dengan memperhatikan potensi calon mahasiswa dan kekhususan perguruan tinggi. Perguruan tinggi sebagai penyelenggara pendidikan menerima calon mahasiswa yang berprestasi akademik tinggi dan diprediksi berhasil menyelesaikan studi di perguruan tinggi tepat waktu. Siswa yang berprestasi tinggi dan konsisten menunjukkan prestasinya di SMA/SMK/MA layak mendapatkan kesempatan untuk menjadi calon mahasiswa melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Baca Juga  Jamasan di Museum Keris Nusantara Solo, Keris Jokowi Ikut Dijamas

“Jalur SNMPTN ini berdasarkan penilaian dari aspek portofolio, dimana khusus Portofolio Seni Rupa, Desain dan Kriya; untuk peserta yang memilih program studi Seni Rupa, Seni Murni, Pendidikan Seni Rupa, Kriya, Kriya Seni, Pendidikan Kriya, Desain Interior, Desain Komunikasi Visual, atau Desain Produk/Desain Produk Industri,” jelasnya.

Lebih lanjut ditegaskannya persiapan penilaian portofolio di tingkat ISI Surakarta dengan melakukan sosialisasi dengan mengundang dosen sebagai tim penilai, dimana Prodi Desain Komunikasi Visual mengirimkan sebanyak 6 dosen sebagai tim penilai portofolio peserta seleksi yang diselenggarakan pada Selasa, 10 Maret 2020 di ruang Rapat 2, Gedung Rektorat, Kampus Kentingan.

“Melalui seleksi penilaian portofolio yang direncanakan antara tanggal 11 – 16 Maret 2020 yang ketat, calon mahasiswa yang diterima lewat Jalur SNMPTN ini diharapkan mendapat input mahasiswa yang berkualitas, mempunyai prestasi dan kompetensi tinggi, lulus tepat waktu, dan bisa membuka lapangan kerja di masyarakat nantinya,” tegasnya.(red)

Komentar

Tinggalkan Komentar