oleh

Prestasi Dua Mahasiswa Prodi Desain Komunikasi FSRD ISI Surakarta

Solo-Dua mahasiswa Prodi Desain Komunikasi FSRD ISI Surakarta meraih penghargaan dalam Competition From Home Universitas Gadjah Mada 2020.

Keduanya berhasil menjuarai bidang lomba Kategori Poster Edukatif, yakni, Wirantoni sebagai Juara III dan Seful Muslimin meraih Juara Harapan I, keduanya dari mahasiswa angkatan 2019 Prodi DKV FSRD ISI Surakarta yang mendapat penghargaan berupa sertifikat dan uang pembinaan.

Asmoro Nurhadi Panindias, S,Sn., M.Sn (Kaprodi DKV FSRD ISI Surakarta), Jumat ( 15/5) mengatakan prestasi tersebut sangat membanggakan pada kompetisi tingkat internal UGM dan perguruan tinggi se-Indonesia ini yang diikuti 6.286 peserta dari 567 perguruan tinggi se-Indonesia, dengan kompetisi tingkat nasional dibagi menjadi empat kategori lomba, yakni video edukasi kreatif, foto inspirasi, poster edukasi dan video animasi.

Diprakarsai Direktorat Kemahasiswaan Univeristas Gadjah Mada, kompetisi yang bertajuk Competition From Home Universitas Gadjah Mada 2020 (CFHUGM2020) diharapkan dapat mendorong masyarakat terutama mahasiswa dalam mengisi waktu luang, meningkatkan serta menampilkan kreativitas, serta menjadi tetap produktif di masa genting ini. Pada kali ini, tema yang diusung dalam CFHUGM2020 adalah “Berjuang Melawan COVID-19” dengan dorongan yang memberikan pemahaman bahwa “It’s Not Social Distancing, Just Physical Distancing”. Dorongan ini memberi maksud bahwa mahasiswa tetap dapat produktif meski dalam kondisi harus melakukan aktivitas dari dalam rumah WFH (Work From Home).

Dia menambahkan Wirantoni dengan karya poster yang berjudul “Masih Nekat Mudik?“ yang berisi pesan untuk himbauan kepada masyarakat awam untuk bekerjasama memutus rantai penyebaran wabah Covid-19, salah satunya dengan tidak bertindak egois apalagi apatis terhadap situasi yang sedang terjadi dengan cara megikuti arahan dari pemerintah untuk tidak mudik/pulang kampung terlebih dahulu.

Selanjutnya karya Seful Muslimin dengan judul “Physical Distancing” menampilkan poster yang terinspirasi dari serial kartun Spongebob, dimana beruang laut bagaikan Covid-19, sehingga diperlukan dimana kita harus membuat lingkaran (jarak aman) untuk menghindari wabah pandemik tersebut.

Baca Juga  Senyum Ceria Petani Desa Gebangharjo

Sebagai Juara I atas nama Alif Sholihin dari Unisversitas Sebelas Maret, sedangkan Juara II, Muhammad Fauzan Rizqullah dari Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, selanjutnya untuk Juara Harapan II atas nama I Gede Rangga Kusuma dari Institut Seni Indonesia, Denpasar dan Juara Harapan III dari Universitas Pendididkan Indonesia, Bandung yaitu Fannisa Yurianti.

Karya poster edukasi dua mahasiswa yang masih duduk di semester II ini yang dibimbing oleh Rendya Adi Kurniawan, S,Sn., M.Sn dan Brilindra Pandanwangi, S.Ds., M.Sn. yang juga sebagai tugas mata kuliah Komputer Grafis, dalam prosesnya menggunakan software Adobe illustrator dan Adobe Photoshop untuk finishing, sedangkan untuk membuat sketsa awal secara manual.

“Prestasi ini diharapkan untuk memacu mahasiswa untuk berkarya dan menerapkan materi perkuliahan ke dalam karya yang dikompetisikan, sehingga kemampuan dalam menerima materi bias diukur dari sejauhmana bisa mengikuti kompetisi dan dibandingkan dengan kemampuan dari mahasiswa perguruan tinggi lainnya,” tegasnya.( red )

Komentar

Tinggalkan Komentar