oleh

Presiden Jokowi Lantik Gubernur Sulut dan Kaltara Periode 2021-2024

Jakarta – Per hari  ini Olly Dondokambey resmi menjabat Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) dan Zainal Arifin Paliwang sebagai Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) periode 2021-2024. Mereka dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi), di Istana Negara, Senin (15/2/2021)

Sebagai Gubernur Sulut, Olly berpasangan dengan Steven Octavianus Estefanus Kandouw. Keduanya adalah pasangan Gubernur-Wagub Sulut petahana.

Sementara itu, Zainal Paliwang berpasangan dengan Yansen Tipa Padan sebagai Gubernur dan Wagub Kaltara. Sebelumnya Gubernur Kaltara dijabat oleh Irianto Lambrie.

Prosesi pelantikan Gubernur-Wagub Sulut dan Gubernur-Wagub Kaltara ini diawali dengan lagu kebangsaan ‘Indonesia Raya’. Pengangkatan Olly Dondokambey-Steven OE Kandouw dan Zainal Paliwang-Yansen TP didasari Keputusan Presiden Nomor 19/P/2021 dan 21/P/2021.

Olly Dondokambey-Steven OE Kandouw serta Zainal Paliwang-Yansen TP mengucapkan sumpah jabatan yang dipandu oleh Jokowi. Berikut isi sumpah jabatan yang disampaikan Olly-Steven dan Zainal-Yansen:

“Demi Allah/Demi Tuhan saya bersumpah/saya berjanji akan memenuhi kewajiban saya sebagai gubernur/sebagai wakil gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada masyarakat, nusa, dan bangsa.”

“Bagi saudara-saudara yang beragama Kristen/Protestan, semoga Tuhan menolong saya,” kata Jokowi diikuti Olly-Steven.

Usai melantik pasangan guberrnur dua provinsi itu, Jokowi dan Wapres Ma’ruf Amin memberikan ucapan selamat kepada Olly-Steven dan Zainal-Yansen. Acara ditutup sesi foto bersama. (RedG)

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed