oleh

Prajurit Siswa Semaba PK TNI AU Angkatan Ke-46 Laksanakan Latganda

Surakarta – Komandan Lanud (Danlanud) Adi Soemarmo Kolonel Nav I Nyoman Suadnyana S.T., M.M. selaku inspektur upacara, secara resmi membuka Latihan Berganda (Latganda) Prajurit Siswa Sekolah Pertama Bintara Prajurit Karier (Prasis Semaba PK) TNI AU Angkatan ke-46. Upacara militer itu digelar di Lapangan Ksatrya Skadron Pendidikan 403 Lanud Adi Soemarmo, Kamis (18/2/2021).

Dalam sambutannya Komandan Lanud Adi Soemarmo mengatakan, bahwa latihan berganda merupakan rangkuman dari keseluruhan materi yang diterima oleh prajurit siswa selama mengikuti pendidikan hingga saat ini, khususnya materi teknik dan taktik dasar keprajuritan.

Kegiatan latihan militer yang direncanakan selama delapan hari kedepan, pada dasarnya untuk mengetahui tingkat kemampuan dan ketrampilan para prajurit siswa. Dengan begitu, diharapkan dapat mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki, baik secara beregu maupun perorangan.

Untuk mewujudkan hasil latihan yang optimal, Danlanud menekankan kepada para prajurit siswa agar memiliki tekad dan mental yang kuat, senantiasa menjaga kondisi fisik agar tetap prima, sehingga mampu mengikuti dinamika kegiatan latihan berganda dengan baik serta tetap mematuhi semua prosedur latihan yang berlaku dan mengikuti arahan pelatih.

“Selain itu, hal penting yang harus diperhatikan adalah keselamatan dan keamanan berlatihan, yang merupakan prioritas utama, dengan tidak meninggalkan substansi latihan itu sendiri. Oleh karena itu, kalian harus dapat melaksanakan latihan ini dengan sebaik-baiknya, sungguh-sungguh dan penuh semangat,” pesan Danlanud.

Disisi lain, Danlanud menyampaikan, kepada para instruktur, pelatih dan pendukung agar melaksanakan mekanisme latihan semaksimal mungkin sesuai dengan rencana yang telah dibuat, sehingga sasaran dan tujuan latihan dapat tercapai.

“Adakan briefing atau evaluasi dan koordinasi antar unsur kepelatihan yang ada setiap hari, agar segala hambatan dapat diatasi,” kata Danlanud.

Baca Juga  Bertambahnya Titik Penyekatan di Jabar, Jumlahnya 353 Titik

Selanjutnya, kepada seluruh unsur yang terlibat dalam kegiatan latihan ini, Danlanud mengingatkan, dalam menyikapi penyebaran Covid-19 yang sedang melanda saat ini maka harus tetap memperhatikan protokol kesehatan. “Sehingga kegiatan latihan dapat tetap tercapai. Usahakan seminimal mungkin adanya kontak langsung dengan masyarakat umum, agar terhindar dari penyebaran Covid-19,” pungkas Danlanud.

Latganda Prasis Semaba PK TNI AU angkatan ke-46 ini, berlangsung selama 8 hari dari tanggal 18 Februari 2021 sampai dengan 25 Februari 2021, diikuti sebanyak 312 siswa. Ada pun lokasi latihan berada di beberapa daerah di wilayah Kabupaten Wonogiri dan Kabupaten Pacitan Jawa Timur. Upacara pembukaan ini, diakhiri dengan gelar perlengkapan semua unsur yang terlibat latihan dan dihadiri pejabat Lanud Adi soemarmo. (RedG/Julianto Harrys)

Komentar

Tinggalkan Komentar