oleh

Posyandu Kesehatan Bagi Lanjut Usia Desa Tubokarto

Wonogiri – Babinsa Desa Tubokarto, Koramil 13/Prcimantoro Sertu Agus Susanto menghadiri kegiatan Posyandu Lansia. Pelayan Terpadu bagi lansia sebanyak 30 orang dilaksanakan di Dusun Mlangse RT 03/06 Desa Tubokarto Kecamatan Pracimantoro, Selasa (27/11/2018).

 

Pelayanan tersebut meliputi pemeriksaan tensi darah dan kadar gula.

Pada kesempatan tersebut Sertu Agus (Babinsa) menyampaikan dengan adanya kegiatan Posyandu lansia, secara umum diharapkan dapat meningkatkan derajat kesehatan dan mutu pelayanan usia lanjut sebagai bagian proses deteksi dini dan peningkatan kesehatan serta pencegahan penyakit lansia agar mencapai masa tua yang bahagia dan berdaya guna dalam kehidupan keluarga dan masyarakat sesuai dengan keberadaannya dalam strata kemasyarakatan.

“Tujuan khususnya adalah meningkatkan kesadaran pada usia lanjut untuk membina kesehatan diri sendiri, meningkatkan kemampuan dan peran serta masyarakat dalam menyadari dan menghayati kesehatan usia lanjut secara optimal, meningkatkan jenis dan jangkauan pelayanan kesehatan usia lanjut serta meningkatkan mutu pelayanan kesehatan usia lanjut,” bebernya.

Kepala Puskesmas Pracimantoro dr Afifah juga menambahkan dia mengajak para lansia agar tetap rajin berolahraga ringan, seperti joging pagi hari dan senam lansia. Dan yang terpenting selalu menjaga pola dan menu makanan, kurangi kunsumsi garam, daging, bayam, kangkung utuk penderita darah tinggi, dan sering rutin memeriksakan kesehatan di puskesmas.(RedG)

Komentar

Tinggalkan Komentar