oleh

Porprov XVI Jateng 2023 Resmi Dibuka, Kontingen Pemalang Optimis Perbaiki Peringkat

Pati – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo secara resmi membuka Pekan Olahraga Provinsi ke XVI Jawa Tengah tahun 2023, di Stadion Joyokusumo Pati, Sabtu malam (5/8/2023).

Pj. Sekda Kabupaten Pemalang, Ketua DPRD Kabupaten Pemalang dan ketua Koni Kabupaten Pemalang datang langsung dalam open ceremony yang megah ini.

Helatan Olahraga empat tahun ini menggelar 865 nomor pertandingan , yang akan dilombakan dan dipertandingkan oleh sebanyak 7441 Atlit, yang didukung sebanyak 1610 pelatih dan 517 Official.

Ketua Umum Koni Kabupaten Pemalang, Nugroho Budi Rahardjo dalam Porprov XVII Jawa Tengah 2023 optimis mampu memperbaiki peringkat dibandingkan pada Porprov 2019 lalu yang digelar di Solo Raya.

Menurut Nugroho, dalam helatan ini Kabupaten pemalang mengirimkan 107 atlit (termasuk 4 atlit eksibisi) yang bergabung dalam 27 Cabang olahraga (satu diantaranya cabor ekhibisi yakni esport) yang didukung 15 pelatih (1 diantaranya pelatih espot) serta 17 pendamping dan 40 panitia kontingen.

“Melihat kemampuan atlit yang lolos dalam Porprov XVI Jawa Tengah 2023 kali ini, kami KONI Kabupaten Pemalang optimis mampu memenuhi target medali emas sebanyak 5 buah sesuai perencanaan yang telah kami lalukan” papar Nugroho, Sabtu (5/8/2023).

Ditempat terpisah, Plt. Bupati Pemalang Mansur Hidayat juga menyemangati atlit dan memberi motivasi agar momentum ini dapat digunakan sebaik-baiknya, tetap optimis dan tidak grogi.

“Jangan grogi dan minder, kalian harus menunjukkan bahwa kalian memiliki mental yang kuat dan tahan banting saat bertanding, yakinkan pada diri masing-masing bahwa kalian adalah sang juara, dan pulang membawa piala,” harap Mansur.

Venue Porprov XVI Jawa Tengah 2023

Porprov XVI Jawa Tengah yang digelar mulai 5 – 11 Agustus 2023 dbertempat di Pati Raya. Pembukaanya di Kabupaten Pati dan penutupan rencanyanya di Kabupaten Jepara.

Baca Juga  Kemendes Akan Lanjutkan Dana Desa untuk Penanganan Covid-19

Dari enam Kabupaten di Pati Raya akan ada 56 venue untuk pertandingan. Yaitu untuk Kabupaten Grobogan ada 7 Cabang Olahraga (cabor). Diantaranya cabor Bola Voli Indoor, Gulat, Drumband, Paralayang, Gantole, Kenpo dan Pordasi. Kabupaten Blora 10 ada cabor. Cabor angkat besi, angkat berat, panjat tebing, tenis lapangan, judo, aeromodelling, binaraga dan fitness, panahan, sambo, ju jitsu.

Kemudian Kabupaten Rembang 5 ada cabor. Yakni Cabor wushu, muaythai, catur, pencak silat, voli pantai. Kabupaten Jepara ada 11 cabor. Cabor sepak takraw, sepak bola, futsal, woodball, renang, balap sepeda, petanque, dansa, selam, squash, triathlon. Selanjutnya Kabupaten Kudus ada 11 cabor. Cabor bulutangkis, tenis meja, hockey, nggar, soft tenis, bola basket biliar, balap mtor, gatebal, kickboxing, softball.

Kontingen Pemalang didukung 27 cabor yakni cabor Arung Jeram sebanyak 11 atlit; Gulat 7 atlit; Balap motor 4 atlit; Biliar 2 atlit; Pencak Silat 1 atlit; Catur 1 atlit; Tenis meja 1 atlit; Bulu tangkis 2 atlit; Basket 16 atlit; Binaraga 1 atlit; Panahan 1 atlit; Panjat Tebing 7 atlit; Triatlon 4 atlit; Selam 1 atlit; Sepak takraw 5 atlit; Squash 4 atlit; Dance sport 1 atlit; Balap sepeda 1 atlit; Renang 2 atlit; Senam 2 atlit; Taekwondo 7 atlit; Tarung Drajat 1 atlit; Tinju 4 atlit; Atletik 6 atlit; Dayung 4 atlit; Karate 7; esport 4 atlit.

Venue yang digunakan dalam laga yang diikuti oleh kontingen Kabupaten Pemalang adalah Pati dari cabor Atletik, Dayung, Karate, Senam Artistik, Taekwondo, Tarung Derajat, Tinju; Kudus dari Basket 3 x 3, Basket 5 x 5, Bulutangkis, Tenis Meja; Jepara dari cabor Balap sepeda, Dance Sport, Renang, Selam Laut, Sepak Takraw, Squash, Triathlon; Grobogan hanya cabor Gulat; Rembang dari cabor Catur, Pencak Silat; Blora dari cabor Binaraga, Panahan, Panjat Tebing dan Kota Semarang dari cabor Balap Motor, Billiar serta Magelang hanya Arung Jeram (RedG/*)

Komentar

Tinggalkan Komentar