oleh

Polres Merangin Adakan Vaksinasi di Desa Terpencil

Merangin – Polres Merangin melaksanakan vaksinasi massal ke daerah terpencil di Desa Air Liki, Kecamatan Tabir Barat, Kabupaten Merangin. Minggu (10/10/2021).

Kegiatan vaksinasi dilaksanakan dipinggir sungai di Balai Adat Desa Air Liki yang menggabungkan dua Desa yakni Air Liki lama dan Air Liki Baru.

Pihak kepolisian bersama Tenaga Kesehatan (Nakes) Desa Batang Kibul membawa vaksin Covid-19 untuk warga Desa Air Liki  harus menempuh jarak 200 kilometer dengan berbagai medan jalan yang terjal dan ekstrim.

Perjalanan mobil ditempuh selama 4,5 jam dengan jalan rusak parah. Kemudian, dilanjutkan dengan menggunakan perahu atau ketek melawan arus sungai selama 2 jam. Setelah sampai di pelabuhan Desa Airliki, masih melanjutkan perjalanan menggunakan ojek motor modifikasi selama 1 jam hingga sampai ke tujuan daerah pemukiman Desa Air Liki.

Selama perjalanan dari pelabuhan ke Desa Air Liki, Pihak Kepolisian dan Nakes melewati jalan sempit yang ekstrim hanya bisa dilewati satu motor. Keadaan jalan curam dan parah, melewati banyak perbukitan. Sisi kanan jalan terdapat tebing tinggi dan sisi kiri terdapat jurang sedalam 100 meter.

Sesekali, mereka harus turun dari kendaraan karena keadaan jalan dan jembatan gantung yang rusak sulit untuk dilewati.

Perjalanan ini dapat ditempuh dengan normal ketika cuaca dalam keadaan baik, apabila cuaca buruk butuh waktu lebih lama lagi atau bahkan tidak bisa sama sekali menuju Desa terpencil tersebut.

Kapolres Merangin AKBP Irwan Andy Purnamawan mengatakan pihaknya mengadakan vaksinasi massal di Desa Air Liki bertujuan untuk meningkatkan herd Immunity agar merata di seluruh Kabupaten Merangin.

“Polres Merangin membuka gerai vaksinasi di Balai Adat Desa Air Liki untuk memudahkan masyarakat mendapatkan vaksinasi Covid-19 karena jarak mereka sangat jauh untuk ke Puskesmas mendapatkan langsung suntik vaksin,” ujarnya usai vaksinasi di Desa Air Liki, Senin (11/10/2021).

Baca Juga  Akibat Motor Mogok di Tengah Jalan, Kakek Berumur 80 Tahun Ditabrak Pengendara Supra X 125 di Gajahmungkur

Ia menyampaikan Polres Merangin setiap hari melaksanakan vaksinasi Covid-19 di berbagai lokasi di Kabupaten Merangin seperti dalah satunya di Desa Air Liki. Kegiatan ini dibantu oleh tim Tenaga Kesehatan dan Vaksinator dari Kabupaten Merangin.

“Selain gerai vaksinasi, kita juga menggunakan vaksinasi mobile secara door to door menemui masyarakat untuk divaksin,” jelas Akpol angkatan 2001 ini.

Kapolres menuturkan pendistribusian vaksin Covid-19 memiliki banyak tantangan karena harus melewati jalan yang terjal dan rusak hingga sampai ke tujuan. Bahkan, tidak hanya menggunakan kendaraan roda empat dan roda dua saja akan tetapi juga melewati sungai.

Disaat hujan, ada beberapa wilayah yang bisa dilewati hanya menggunakan kendaraan khusus seperti Desa Air Liki tersebut.

Meski demikian, pihak kepolisian pantang menyerah untuk mendistribusikan vaksinasi hingga ke pelosok daerah Kabupaten Merangin.

“Alhamdulillah, antusias masyarakat sangat tinggi untuk divaksin karena untuk kepentingan kesehatan mereka sendiri. Masyarakat bahkan menantikan vaksinasi bisa masuk ke desanya karena kalo ke Puskesmas jarak tempuhnya sangat berat,” sebut Kapolres.

Ia menambahkan jumlah masyarakat yang tervaksin sebanyak 125 orang yakni 90 orang dosis pertama dan 35 orang dosis kedua.

Sementara itu, Kepala Desa Air Liki lama Pulpi Marlinton mengucapkan terimakasih banyak kepada pihak kepolisian khususnya Polres Merangin yang telah mengadakan vaksinasi massal Covid-19 di Desanya.

“Kalau tidak ada pak polisi yang mengadakan vaksin di Desa ini mungkin warga kami tidak ada yang mendapatkan vaksin Covid-19,” ujarnya.

Ia mengatakan kegiatan vaksinasi Covid-19 ini sangat penting. Maka dari itu, masyarakat Desa Air Liki lama dan baru sangat antusias untuk mendapatkan suntik vaksin Covid-19.

“Kami berharap dosis vaksin Covid-19 bisa terus sampai ke Desa Air Liki agar warga mudah untuk mendapatkannya,” tandasnya. (RedG)

Baca Juga  Tertibkan Operasional Batubara, Dir Lantas Polda Jambi : Kaji Ulang Izin di Kementerian ESDM

 

  • Penulis : Irwansyah
  • Editor : Sarwo Edy

Komentar

Tinggalkan Komentar