oleh

Polisi Dampingi Tim Uji Laboratorium Kandang Ayam Milik Suparno di Jatipurno

Wonogiri – Bertempat di lokasi Kandang Ayam Milik Suparno yang berada di Dusun Gendungan RT 15 /RW 11 Desa Tawangrejo, Kecamatan Jatipurno telah dilaksanakan uji laboratorium pada hari Selasa ( 9/4 ) dari UPT laboratorium terpadu UNS Solo yang digawangi Sabarudin dan Hadi untuk pengambilan tes laboratorium dilakukan sebanyak 3 titik dengan radius 50 – 100 meter dan dalam setiap titik pengambilan membutuhkan waktu 1 jam.

Hadir dalam pengambilan tes laboraturium camat jatipurno Drs. Suradi, Kanit Reskrim Polsek Jatipurno Aiptu Sudi Maryanto, Kanit Sabhara Aiptu Kasni, Kanit Intel Aiptu Kusriyanto dan Kades Tawangrejo Suradi serta ketua RT setempat.

Camat jatipurno Drs. Suradi, mengatakan pengambilan uji laboraturium ini kita ambil mengingat keberadaan kandang tersebut mendapat protes dari warga sekitar beberapa minggu yang lalu.

“Penolakan yang dilakukan warga kata dia, karena pembangunan kandang ayam dekat dengan pemukiman warga, Jarak kandang ayam dengan pemukiman hanya sekitar 5 meter,” ungkapnya.

Ditempat terpisah Kapolres Wonogiri AKBP Uri Nartanti Istiwidayati, melalui Paur Humas Polres Wonogiri Aipda Iwan Sumarsono mengatakan pengawasan dilakukan terhadap teknis pemeliharaan atau budidaya ayam potong harus memenuhi persyaratan higiene dan sanitasi lingkungan, tindakan biosecurity dan penanganan terhadap kesehatan hewan/kesehatan masyarakat veteriner, Kamis (11/4).

“Disamping itu dalam pemeliharaan ayam potong dengan skala besar tak lepas dari upaya pengendalian dan penanggulangan terhadap penyakit hewan menular Avian Influenza (AL) tersebut, perlu dilakukan secara menyeluruh termasuk pencegahan dan pemberantasannya pada pemeliharaan/budidaya unggas di pemukiman,” katanya.

“Maka dari itu demi keamanan pihak kepolisian harus memonitor secara langsung terhadap perkembangan kamtibmas khususnya di area sengketa usaha yang meresahkan warga,” bebernya.

“Kami berharap protes warga ini tidak menimbulkan gejolak sosial secara meluas, sehingga Forkompincam Jatipurnio perlu turun tangan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut secara arif dan bijaksana,” tegasnya.(RedG)

Komentar

Tinggalkan Komentar