oleh

Polda Jateng Persiapkan Penyeketan di 14 Titik Perbatasan Jawa Tengah

Semarang- Larangan mudik lebaran tahun 2021, Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah (Jateng) akan melakukan penyeketan di sejumlah lokasi untuk menghalau pelaku mudik saat Lebaran 2021 nanti. Penyekatan total ada sekitar 14 lokasi yang berada di wilayah perbatasan Jateng.

Hal itu disampaikan oleh Kapolda Jateng Inspektur Jenderal Pol Ahmad Luthfi usai gelar apel Operasi Keselamatan Candi 2021 di halaman Mapolda Jateng, Senin (12/4/2021).

Kapolda Jateng mengatakan, ada 14 titik yang akan didirikan Posko oleh Polda Jateng. Ke- 14 titik tersebut berada di perbatasan masuk wilayah Jawa Tengah.

Menurutnya, 14 titik Posko itu untuk mencegah masuknya kendaraan pemudik dari luar Jawa Tengah dan juga untuk memberikan keselamatan kepada masyarakat di Jawa Tengah dalam menjaga kesehatan.

“Hal ini kami terapkan, jangan sampai terjadi cluster baru di Jawa Tengah, serta mengacu kepada aturan pemerintah, mengenai larangan mudik di hari raya nanti,” kata Ahmad Luthfi.

Posko penyeketan di 14 titik yakni berada di lokasi perbatasan di antaranya, Cirebon Kota, perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Barat, dan perbatasan Jawa Timur dengan Jawa Tengah, yaitu di wilayah Kabupaten Rembang, Blora, Karanganyar, dan Sragen.

“14 posko yang didirikan ini, untuk memantau pemudik yang dari luar provinsi yang akan memasuki Jawa Tengah,” jelas Kapolda.

Kapolda Jateng menambahkan, Polda Jateng akan memantau setiap kendaraan plat nomor luar Jawa Tengah hingga jalur yang menjadi jalur- jalur kecil yang akan dilewati para pemudik.

“Kami tidak akan kecolongan dengan kendaran pemudik. Mereka bisa lolos di Jawa Barat dan Jatim, tapi di Jateng tidak akan lolos. Anggota sudah kami bekali untuk hal itu, jadi jangan harap pemudik dapat lolos masuk di Jateng, jika kedapatan pemudik yang nekat, kami akan suruh mereka putar balik,” tegasnya. (RedG/Dicky Tifani Badi)

Komentar

Tinggalkan Komentar