oleh

Polairud Polda Jambi Berikan Bantuan Mesin Pembuat Pakan Ikan

Muaro Jambi – Masyarakat kelompok nelayan kerambah apung berdayung bersama, yang berada di Desa Jebus, Kecamatan Kumpeh, Kabupaten Muaro Jambi di tengah pandemi Covid-19 kesulitan mendapatkan pakan ikan. Tak hanya itu, harganya juga cukup mahal sehingga banyak masyarakat yang mengeluh.

Melihat kondisi tersebut, Ditpolairud Polda Jambi memberikan bantuan mesin pembuatan pakan ikan kepada kelompok nelayan kerambah apung berdayung bersama.

Direktur Polairud Polda Jambi, Kombes Pol Pahorian Lumban Gaol mengatakan, pemberian bantuan ini untuk memajukan perekonomian rakyat khususnya masyarakat yang berada di pinggir perairan seperti di Desa Jebus.

“Melihat ada sekelompok masyarakat kerambah ikan, terus kami lakukan penelusuran dan kelompok ini kesulitan mendapatkan pakan ikan. Maka dari itu kami memberikan bantuan mesin pembuatan pakan ikan,” ujar Pahorian, Kamis (23/6/2021).

Pahorian menyampaikan, mesin pakan ikan tersebut hasil sumbangan dari seluruh personel Ditpolairud Polda Jambi secara sukarela. Aksi peduli yang bertajuk Apel Emas (Airud Peduli dan Empati kepada Masyarakat Pesisir)  ini, merupakan bentuk kepedulian kepada masyarakat perairan.

“Mudah-mudahan dengan mesin pakan ikan ini, dapat meringankan kelompok nelayan menekuni kerambah ikan ini,” kata Pahorian.

Pahorian mengaku, akan terus memantau perkembangan masyarakat menggunakan mesin pakan ikan tersebut. Pihaknya, juga akan membina hingga hasil panen ikan di kerambah bisa maksimal.

Kegiatan ini, lanjut Pahorian, juga dalam rangka memperingati hari HUT Bhayangkara ke-75 tahun 2021, dimana membentuk transpormasi polri yang presisi mendukung percepatan penanganan Covid-19 untuk masyarakat sehat, dan pemulihan ekonomi nasional menuju Indonesia Maju.

Sementara itu, Kepala Desa Jebus, Jamaluddin mengucapkan terima kasih banyak kepada Ditpolairud Polda Jambi yang memberikan bantuan mesin pakan ikan kepada kelompok nelayan kerambah apung berdayung bersama.

Baca Juga  Sekarang Melaut Jadi Nyaman, Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia Luncurkan Kredit Tanpa Agunan

Jamaluddin berjanji, akan berusaha memaksimalkan bantuan yang telah diberikan. Setelah ini, pihaknya akan melakukan pelatihan kepada nelayan agar bisa membuat sendiri pakan ikan sehingga lebih efisien dan menghemat harga.

“Kami akan cari pelatih untuk melatih pembuatan pakan ikan. Sehingga jika bisa buat sendiri dapat meringankan biaya pakan ikan di Desa Jebus ini,” ujar Jamaluddin.

Dengan adanya bantuan tersebut, Jamaluddin berharap, nelayan kerambah ikan di Desa Jebus ini dapat terus berkembang. Dimana kini, telah memiliki 11 lerambah ikan dan akan menambah sekitar 8 kerambah ikan baru.

Adapun, isi kerambah ikan tersebut bermacam jenis mulai dari ikan nila, patin, gurame dan yang lainnya.

“InsyaAllah dalam beberapa program kedepan akan kami lebih maksimalkan lagi budidaya ikan ini,” tandasnya. (RedG/Syah)

Komentar

Tinggalkan Komentar