oleh

Plt. Bupati dan Ratusan Masyarakat Pemalang Sambut Bhante dalam Tradisi Thudong

Pemalang – Puluhan bhante atau biksu menjalankan tradisi ritual thudong dari Bangkok, Thailand ke Indonesia. Sebanyak 32 biksu itu berjalan kaki dari Thailand ke Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah (Jateng).

Tujuan para biksu berjalan kaki dari Thailand ke Borobudur adalah sebagai salah satu bentuk perjalanan religi. Alasan para biksu berjalan kaki dari Thailand ke Borobudur itu juga dalam rangka merayakan Waisak, puncak Detik-detik Waisak 2023 akan dirayakan pada 4 Juni di Candi Borobudur.

Untuk diketahui, thudong merupakan perjalanan ritual para bhante atau biksu yang dilakukan dengan berjalan kaki ribuan kilometer. Tradisi thudong merupakan ritual keagamaan bagi umat Buddha yang dilakukan dengan berjalan kaki atau dianggap juga sebagai ritual perjalanan spiritual. Seperti yang dilakukan oleh para bhante yang berjalan kaki dari Bangkok Thailand menuju Candi Borobudur.

Perjalanan rombongan thudong dari Thailand hari ini sudah memasuki wilayah Jawa Tengah. Setiba di Kabupaten Pemalang, para biksu ini disambut meriah oleh warga.

Para biksu ini masuk perbatasan Kabupaten Pemalang tepat pukul 12:56 WIB. Mas Mansur Hidayat Plt Bupati Pemalang bersama Kapolres serta tokoh masyarakat dan adat menyambut serta menemani jalan kaki dari Alun-alun Kota ke Gedung Serbaguna tempat istirahat para Biksu, sebelum berangkat menuju klenteng Tjen Gie Bio Kec Ulujami Pemalang.

Ratusan warga Pemalang tampak berjejer sepanjang jalan protokol kota menyambut kedatangan para biksu ini. Personel Polres, TNI dibantu anggota Banser serta ormas lainya juga terlibat pengamanan para biksu.(RedG /Hengky Kik)

Komentar

Tinggalkan Komentar