oleh

Pimpinan Cabang Aisyiyah Bumiayu Brebes Periode 2022-2027 Resmi Dikukuhkan

Brebes– Pimpinan Cabang Aisyiyah Bumiayu Brebes periode 2022-2027 resmi dikukuhkan oleh Pimpinan Daerah Aisyiyah Brebes di Pesantren Modern MBS Bumiayu, Sabtu (2/9/2023).

Acara pengukuhan Pimpinan Cabang Aisyiyah Bumiayu diawali pembacaan SK oleh Wakil Sekretaris Pimpinan Daerah Aisyiyah Brebes, Naely Inayati, S.Pd dilanjutkan pengukuhan oleh Wakil Ketua III, Sri Gunarsih, S.Pd.
Adapun Pimpinan Cabang Aisyiyah (PCA) Bumiayu Brebes periode 2022-2027 yang dikukuhkan adalah Siti Khasanah, S.Pd (Ketua), Dra. Eni Wihayati (Sekretaris), Dhiana Wijayanti, SE (Wakil Sekretaris), Titin Fatimah, S.Pd (Bendahara), Nurotul Aen, S.Pd., AUD (Wakil Bendahara), Siti Eviatun Amanah, S.Ag, S.Pd (Wakil Ketua I Bidang Ekonomi, Kesehatan dan Kesejahteraan Sosial), Ani Sofiati, S.Ag (Wakil Ketua II Bidang Dikdasmen PAUD, Pembinaan Kader dan Tabligh), Lely Usriyah (Ketua Majelis Tabligh), Indah Retnowati, M.Pd (Ketua Majelis Dikdasmen dan PAUD), Sri Havini Muria (Ketua Majelis Kesejahteraan Sosial), Silvia Agustina, S.Ag (Ketua Majelis Pembinaan Kader), dan Yenaris Eriyaningsih, S.Pd (Ketua Majelis Kesehatan).

Ketua Pimpinan Cabang Aisyiyah Bumiayu, Siti Khasanah, S.Pd dalam sambutannya mengungkapkan bahwa Aisyiyah Cabang Bumiayu, alhamdulillah telah memiliki sebanyak 24 ranting dengan amal usaha Klinik Pratama Aisyiyah, dan beberapa TK serta PAUD yang tersebar di beberapa ranting.

“Alhamdulillah pada hari yang berbahagia ini, kami Pimpinan Cabang Aisyiyah Bumiayu telah resmi dikukuhkan oleh Pimpinan Daerah Aisyiyah Brebes bersama dengan Pimpinan Cabang Muhammadiyah Bumiayu. Ini menjadi langkah awal kami untuk memulai berkiprah dan berhikmat dalam gerakan dakwah kaum ibu-ibu menuju dakwah pemberdayaan kaum Hawa yang berkemajuan”, jelasnya.

Kepala SD Muhammadiyah Bumiayu, Diati Kusdiati, S.Ag., S.Pd menaruh harapan besar dengan dikukuhkannya Pimpinan Cabang Aisyiyah Bumiayu Brebes periode 2022-2027 untuk menjadi mitra kerja dalam memajukan amal usaha persyarikatan yang telah ada.

“Mudah-mudahan dengan kepemimpinan yang sekarang, PCA Bumiayu tambah kompak dan solid, dan bisa memberikan contoh teladan yang baik, sehingga kedepannya banyak generasi muda yang ikut tertarik berorganisasi dalam wadah Aisyiyah”, paparnya.

Baca Juga  Rakor Kepala Daerah se-Indonesia, Presiden Bahas Covid dan Ekonomi

Acara bersejarah bagi warga Muhammadiyah dan Aisyiyah Kecamatan Bumiayu yang dijaga ketat oleh 25 personil KOKAM ini diselenggarakan dengan penuh semangat dan hikmat. Acara diawali dengan penampilan Mercing Band Laskah Pelangi SDM Bumiayu, dan Atraksi para santri MBS Bumiayu mulai dari Jurus Katak Tapak Suci, Group Hadroh Fastabiqul Khoirot, Tari Saman dan Group Koor Santri MBS Bumiayu.

Kyai Sutriyono, S.Ag selaku Mudir Pesantren Modern MBS Bumiayu sekaligus Tuan rumah penyelenggaraan Pengukuhan Pimpinan Cabang Muhammadiyah dan Aisyiyah Bumiayu serta Tabligh Akbar mengucapakan terima kasih kepada panitia dan semua pihak yang telah bekerja keras mensukseskan 3 agenda besar tersebut.

“Pesantren Modern Muhammadiyah Boarding School (MBS) yang berdiri tahun 2015 yang diawali dengan berdirinya SMP pada tahun 2015 disusul berdirinya SMA pada tahun 2020 semakin eksis. Jumlah santri sampai saat ini berjumlah 423 santri yang tersebar di Propinsi Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, DIY, Bali, NTB, Jambi, Bengkulu, Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Bangka-Belitung, Maluku, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Timur. Mari jadikan MBS Bumiayu untuk menjadi wasilah kaderisasi ulama Qur’ani bagi warga persyarikan”, ujar Mudir Lulusan UIN Abdurrahman Wahid (Gus Dur) Pekalongan.

Acara pengukuhan diakhiri dengan Tausiah dan Doa Penutup yang disampaikan oleh Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Dr. KH. M.Saad Ibrahim, MA. Dr. KH. M.Saad Ibrahim, MA menyampaikan PCM Bumiayu adalah PCM serasa PDM yang harus terus dikuatkan akarnya dengan perbagai model gerakan dakwah kekinian agar semakin mengakar sampai ke tingkat ranting.

“Pengukuhan Pimpinan Cabang Muhammadiyah dan Aisyiyah Bumiayu Brebes Jawa Tengah ini terasa seperti acara PDM karena dihadiri oleh sekitar 2 ribu warga persyarikatan, forkompincam, PDM, PDA, MWC NU, Muslimat NU, LDII dan tamu undangan lainnya”, jelasnya.

Baca Juga  Kanwil Kemenkumham Jabar Tindak Tegas Personel Terlibat Narkoba

PCM dan PCA adalah sayap dakwah PDM di tingkat Kecamatan bahkan wilayah Brebes Selatan sehingga perlunya totalitas gerakan dakwah dalam semua aspeknya. Hal ini penting dilakukan agar dakwah persyarikatan akan semakin eksis dan kokoh sampai tingkat ranting.

“Pimpinan Cabang Muhammadiyah dan Aisyiyah Bumiayu harus mampu melwati semua badai, ujian dan cobaan yang dihadapinya dengan penuh kesabaran dan keikhlasan melalui gerakan dakwah yang mengakar dan membumi melalui langkah-langkah yang sangat strategis. Semua aksi dakwah harus dilakukan melalui konsep yang matang, berencana dan terpadu sehingga akan semakin menguatkan AUM yang telah ada dengan memperkuat adanya majelis ta’lim baik di masjid, mushola maupun pengajian rutin, bulanan, dan kajian rutin sebagai media pertajam basis keilmuan dan penguatan akhlak mulia para pimpinan dan warga persyarikatan”, jelasnya.

Hadir dalam acara tersebut adalah seluruh anggota PCM dan PCA Bumiayu, Wakil Ketua PDM Brebes (Drs.H.Munawir Tamjid, dan Muda Solikhin), Wakil Ketua III dan Sekretaris Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah (PDA) Brebes, (Sri Gunarsih, S.Pd dan Naely Inayati, S.Pd), Mudir MBS Bumiayu (Kyai Sutriyono, S.Ag), Kepala SMP MBS (Drs.H.Muhtadi), Kepala SMA MBS (M.Faqih Maftuh, S.Ag) serta seluruh PRM-PRA dan AMM se Kecamatan Bumiayu. Turut hadir dalam acara tersebut Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah, (Dr. KH. Saad Ibrahim, M.A), Ketua PCA Sirampog (Hj. Reny Sensiyati, S.Pd), Ketua PCM dan PCA Tonjong (M.Shobir dan Niswatun Aeni, S.Pd), dan berbagai tamu undangan istimewa lainnya seperti Pendiri MBS Bumiayu (H. Abdul Karim Naqib), Forkompincam (Perwakilan Camat, Danramil dan Kapolsek), Perwakilan Wali Santri Antar Kelas (RedG /Tarqum Aziz).

Komentar

Tinggalkan Komentar