oleh

Pimpin BPJS Kesehatan, Ini Rencana Ali Ghufron Mukti

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Ali Ghufron Mukti sebagai Direktur Utama BPJS Kesehatan. Tentunya, banyak pekerjaan rumah di tubuh BPJS Kesehatan yang harus diselesaikan Ali Ghufron.

Kendati demikian, Ali Ghufron mengaku akan memfokuskan diri pada peningkatan kualitas layanan melalui inovasi dan penggunaan teknologi. Sehingga bisa memangkas waktu antrean saat pengurusan BPJS Kesehatan.

“Kami juga ingin meningkatkan dan fokus kepada kualitas layanan, sehingga kualitas akan meningkat, keseluruhan dari customer journey akan kita tingkatkan dengan inovasi teknologi, interface sistem informasi sehingga antrean tidak lagi sekitar enam jam tapi bisa lebih cepat,” ujarnya usai dilantik di Istana Negara, Jakarta, Senin (22/02/2021).

Disamping itu, Ali Ghufron juga berkomitmen meningkatkan kepesertaan BPJS Kesehatan serta menumbuhkan rasa keterlibatan (engagement) semua pihak. Baik dari pusat, daerah, asosiasi, pengamat, hingga perguruan tinggi untuk merasa bersama-sama memiliki BPJS Kesehatan atau Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan Kartu Indonesia Sehat (KIS).

Selain itu, Ali Ghufron juga mengaku akan meningkatkan tata kelola dari sistem jaminan kesehatan tersebut. Hal ini untuk menjaga defisit pada net asset BPJS Kesehatan.

“Kami berkeinginan untuk meningkatkan dan menjaga sustainabilitas dari sistem jaminan ini dengan dana yang cukup. Yang kemarin sudah disampaikan ada surplus sekitar Rp18 triliun, tapi juga pada saat yang sama sebetulnya dari sisi laporan net asset kita masih defisit sekitar Rp7 triliun. Oleh karena itu, akan kita tingkatkan kelolaan yang lebih baik,” tandasnya. (RedG/ong)

Komentar

Tinggalkan Komentar