oleh

Petugas Sarungan di TPS 06

Pemalang – Dari 11 TPS yang ada di 8 lingkungan RW Kelurahan Paduraksa, Kecamatan/Kabupaten Pemalang, terdapat satu TPS yang menyuguhkan keunikan lantaran semua petugas yang ada mengenakan kain sarung layaknya hendak sholat di masjid.

G-news memperoleh informasi ihwal petugas TPS mengenakan sarung dari Pak Madkuri (51) petugas Sekretariat PPS di Balai Kelurahan Paduraksa.

“Di Paduraksa ada 11 TPS, satu diantaranya cukup menarik karena petugasnya mengenakan sarung, di TPS 06, di halaman Lumbung, ” jelas Madkuri dengan nada meyakinkan.

Apa yang disampaikan Madkuri tidaklah mengada-ada. Di TPS 06 yang letaknya sekitar 300 meter disebelah barat Balai Kelurahan terlihat suasana yang berbeda dengan lazimnya tempat pemungutan suara. TPS ini menempati halaman sebuah bangunan lumbung, yang lazim kita kenal sebagai bangunan penyimpan bahan pangan di masa lalu. Beberapa petugas pria tampil percaya diri dengan kemeja lengan panjang berwarna putih. Sepintas penampilan mereka tidak jauh bedanya dengan pegawai kantoran yang tengah bertugas.

“Yah, beginilah busana kami, yang laki-laki pakai kemeja putih dan kain sarung, yang perempuan mengenakan busana Muslim,” terang Solichin (58) selaku KPPS.

Menurut dia, keputusan tim kerjanya mengenakan busana yang lain dari yang lain, merupakan satu kesepakatan. Pertimbangan rasionalnya, jelas dia, semua yang terlibat dalam PPS pasti memiliki kain sarung dan yang ibu-ibu punya busana muslim.

Warga pemilih mendaftar. (RN)

“Jadi kami mengenakan busana ini atas dasar kesepakatan bersama,” jelas Solichin. Ihwal kesepakatan untuk tampil beda di TPS 06 ternyata sudah mendapat respon sebelumnya dari Lurah Paduraksa. Ketika dilaksanakan Bimtek sebelum pelaksanaan Pilgub, Lurah Paduraksa mempersilakan pihak petugas TPS menggunakan kreasi masing-masing. “Kami persilakan menggunakan kreasi masing-asing,” terang Suryono. (RedG Ruslan N).

Baca Juga  Tertib Lancar, Coblosan Pilgub Paduraksa

 

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed