oleh

Petugas Kebersihan Tetap Angkut Sampah Selama Libur Nataru

Batam – Masyarakat Batam tidak perlu khawatir terkait sampah selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Sebab, Pemerintah Kota (Pemko) Batam menjamin petugas kebersihan tetap bekerja meskipun disuasana libur nasional.

Kabid Persampahan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batam, Faisal Novrieco, mengatakan, mereka telah menjadwalkan satgas kebersihan selama libur Natal dan Tahun Baru.

“Pastinya petugas yang masuk beragama Islam, karena yang beragama Kristen merayakan Natal dan Tahun Baru, kami sudah siapkan semua jadwalnya,” kata Faisal, Rabu (23/12/2020).

Kata Faisal, untuk pelayanan yang akan diberikan berjalan seperti biasa. Kata dia, pengangkutan sampah akan dilakukan di jalan protokol, sampah pinggir jalan, sampah liar serta di tempat pembuangan sampah (TPS) liar.

“Termasuk pengangkutan sampah di lokasi rumah ibadah, lokasi objek wisata. Untuk tanggal 24 Desember satgas kebersihan tetap masuk seperti hari biasa. Kemudian pada 25 Desember, satgas yang beragama Nasrani kita liburkan, namun pengakutan akan dihandle oleh petugas piket yang beragama muslim,” ujarnya.

Kata dia, tanggal 25 Desember nanti, berjumlah 30 truk dengan 125 orang petugas. Mereka nantinya akan dipersiapkan membersihkan sampah di jalan protokol, sampah pinggir jalan, sampah pasar dan pertokoan, sampah di rumah ibadah dan kawasan objek wisata.

Selanjutnya kata Faisal, di tanggal 26 Desember seluruh satgas kebersihan akan bekerja seperti hari biasa. Sedangkan pada tanggal 1 Januari meskipun tanggal merah pihaknya tetap memberikan pengarahan agar semua satgas kebersihan tetap masuk.

“Tanggal 1 Januari 2021 posisinya mereka pembaharuan kontrak, jadi selama tiga hari tanggal 1,2 dan 3 akan kami evaluasi kontrak mereka,” ucapnya.

Lanjutnya, apabila satgas ini ada yang tidak masuk tanggal 1, 2 dan 3 Januari 2021, maka pihaknya akan memberikan punishment yang tegas, yakni dengan memberhentikan petugas satgas tersebut tanpa melalui Surat Peringatan (SP) 1, 2 dan 3.

Baca Juga  Pemko Batam Sepakat Tutup Sementara Pintu Masuk WNA

“Kami tegas, bagi yang bermasalah akan kami putuskan hubungan kerja, apapun itu posisinya, baik supir, penyapu jalanan dan lain sebagainya,” ucapnya.(redG/Bayu).

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed