oleh

Petani Gondang Dapat Sosialisasi Pembibitan Padi Unggul

Pemalang – Petani di Desa Gondang, Kecamatan Taman yang bergabung dalam kelompok tani mengeluhkan beberapa hal yang menyebabkan gagal panen padi. Salah satunya mengenai bibit padi, baik berasal dari benih padi hasil panen sebelumnya atau benih yang dibeli dari toko pertanian.

Melihat hal ini, Kepala Desa (Kades) Gondang Wahidin menggandeng salah satu produsen obat-obatan pertanian mengadakan sosialisasi bagaimana cara pembuatan bibit padi yang baik dan benar. Pertemuan diadakan di Gardu Tani Desa Gondang dengan peserta petani yang bergabung dalam Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Desa Gondang, Sabtu (17/4).

Menurut Kades Gondang, kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk persemaian benih padi menjadi bibit padi unggul yang tahan terhadap serangan penyakit.

Dalam kesempatan itu, dipraktekkan cara memilih benih padi yang baik. Dimulai dari meredam benih padi.
Benih padi yang berupa gabah, kala perendaman mengapung maka harus dipisahkan dikarenakan bibit ini gabuk atau kosong, sedangkan yang terendam inilah yg nantinya bisa dijadikan bibitnya.

Lebih lanjut diterangkan, dimana benih yang terendam belum tentu benih utuh. Maka untuk memastikannya dapat diberi garam secukupnya. Bila ada gabah yang mengapung maka gabah tersebut pecah.

Dalam kesempatan tersebut juga diterangkan mengenai penyemaian benih padi sampai menjadi bibit padi siap panen. Disampaikan pula kendala dan cara mengatasinya. (RedG/Rokhim)

 

 

 

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed