Petani Bawang Panen, Ini Pesan Kades Perlang

Bangka Tengah — Desa wisata Perlang Kecamatan Lubuk Besar Provinsi kepulauan Bangka Belitung, khususnya warga Dusun Nadi yang berpotensi sebagai petani memanen bawang merah, Panen tersebut dianggap berhasil, karena dari umbi hanya 400 Kg bawang merah yang dipanen mencapai 2 ton.

“Perkiraan kita mencapai 2 ton, dari umbi yang berikan Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah 400 Kg, luas lahan yang dimilikinya mencapai 4 hektar, dilahan inilah ia beraktifitas bersama Petani lainnya,” ujar salah seorang Petani Desa Nadi, Agus, Kamis (20/7/2023).

Ia menjelaskan, tanah disini subur. Untuk bertani holtikultura, selama ini berhasil. Cabai berhasil, bawang hari ini dipanen berhasil dan saat ini kita tanam semangka juga. Sumber dana dari Dana Desa kalau semangka, kalau bawang merah bantuan dari Bupati Bangka Tengah.

Lanjut ia mengungkapkan, terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah dan Pemerintah Desa Perlang atas perhatiannya terhadap Petani.

“Kepada PPL juga kami ucapkan terimakasih atas bimbingannya,” ungkapnya.

Kepala Desa Wisata Perlang, Yani Basaroni mengatakan ke Petani agar memasarkan bawang yang dipanen ini ke masyarakat Desa Perlang, sisanya baru di jual ke tengkulak.

“Kepinginnya kita yang menikmati bawang hasil alam Nadi ya masyarakat Perlang. Jangan di jual semua ke tengkulak,” ujarnya

Lanjutnya ia mengapresiasi keseriusan Petani Nadi dalam mengoptimalkan bantuan Pemerintah Daerah Bangka Tengah maupun Pemerintah Desa Perlang, kalau kita serius, pasti berhasil,” ungkapnya (RedG /**).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *