oleh

Perpani Pemalang Gelar Lomba Panahan Indoor

Pemalang – Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Persatuan panahan Indonesia (Perpani) Kabupaten Pemalang menggelar lomba panahan indoor internal di GOR Rafi Futsal, Minggu (22/5). Dalam gelaran lomba internal tersebut dipertandingan tiga kategori yaitu divisi compound, recuve dan standar nasional putra dan putri.

“Hampir setiap tahun kita rutin menggelar lomba internal Perpani Pemalang dalam rangka hari ulang tahun organisasi panahan di Pemalang. Melalui lomba tersebut, kemampuan atlet bisa diasah dan diketahui kemampuan mereka masing masing, selain itu, acara tersebut juga salah satu bentuk persiapan menghadapi lomba yang lebih besar skalanya,” ujar Joko Widodo Ketua Perpani Pemalang, kemarin.

Dia mengatakan, masa pandemi covid 19 yang terjadi hampir dua tahun terakhir berdampak pada berbagai bidang. Selain kesehatan, ekonomi, dan lingkungan, juga berdampak pada geliat kegiatan olah raga. Begitu juga Perpani Pemalang, yang bergerak dalam olah raga panahan ikut merasakan dampaknya. Gelaran perlombaan baik skala lokal, regional maupun nasional sudah jarang sekali diadakan. Meskipun begitu, para atlet dituntut agar terus mengasah ketrampilannya. Apabila setiap hari mereka berlatih tapi tidak ada penyaluran perlombaan dikuatirkan akan berdampak pada keahliannya. Untuk itu, Perpani Pemalang berinisiatif menggelar lomba panahan internal di dalam ruangan. Selain tetap mematuhi protokol kesehatan, jumlah peserta dan penonton juga dibatasi, yaitu tidak boleh lebih dari 50 persen dari kapasitas ruangan. Para atlet menyambut kegiatan tersebut dengan antusias, sebab sudah lama tidak mengikuti perlombaan panahan.

“Selain membina ketrampilan memanah untuk generasi Pemalang, salah satu tugas utama kita yaitu membentuk mental dan karakter yang baik. Selain cakap memanah, para atlet panahan juga harus memiliki budi pekerti dan adab yang baik, mandiri serta bisa membawa manfaat bagi orang lain,” imbuhnya.

Baca Juga  Perindo Peduli Korban Kebakaran

Joko mengatakan, tim dari Perpani Pemalang masih fokus dalam persiapan untuk pra Porprov yang digelar sekitar bulan November mendatang. Selain itu, khusus untuk atlet usia sekolah mereka dipersiapkan menghadapi Pekan Olah raga pelajar daerah (Popda) tingkat karesidenan maupun tingkat Provinsi Jawa Tengah. Khusus untuk dua atlet compound usia pelajar, Perpani Pemalang sedang menyiapkan kemampuan fisik untuk bisa lolos seleksi Pusat Pendidikan Latihan Olah raga Pelajar (PPLOP) Jawa Tengah. Pihaknya berharap melalui olah raga panahan, para generasi Pemalang mampu mengharumkan nama daerah dikancah regional, nasional.maupun internasional. (RedG/*)

 

Komentar

Tinggalkan Komentar