oleh

Permintaan Kolang-kaling Meningkat, Petani kuwalahan

Pemalang-Para petani  kolang-kaling di Desa Mendelem , Kecamatan Belik, Kabupaten Pemalang kewalahan memenuhi pesanan selama Ramadan. Peningkatan permintaan ini mencapai tiga kali lipat dari hari biasanya.

 

Menurut Petani Kolang-kaling Supar ketika ditemui media selasa (7/05/2019) dapat mengolah buah nira menjadi Kolang-kaling sampai 50 kilogram per hari. Proses pengolahannya cukup panjang, mulai dari pengupasan cangkang, perebusan, setelah direbus baru pengambilan kolang-kaling nya. Ramadan kali ini berkah, sehari dari mengolah kolang-kaling , saya bisa mendapat Rp 70 ribu. Biasanya jarang yang memesan, lumayan kalau dikumpulkan buat merayakan Lebaran.

Proses Pembuatan Kolang-kaling masih menggunakan alat sederhana

 

Untuk harga kolang-kaling sekitar Rp 5.000 per kilogram. Namun saat Ramadan, harganya mencapai Rp 10.000 per kilogram. Permintaannya meningkat mencapai tiga kali lipat dari para pembeli yang langsung mendatangi petani tersebut,  Ungkap Supar

 

Jika ramadhan datang pasti tak lupa dengan kolang-kaling,  begitu juga dengan Lilis yang warga mendelem ini selalu pesan kolang-kaling mencapai 10 kilogram.  menurut Lilis Kolang-kaling di bukit mendelem ini sangat potensial untuk dikembangkan dan perlu ada perhatian dari Pemerintah Desa maupun Pemerintah Daerah Kabupaten Pemalang. (RedG)

Komentar

Tinggalkan Komentar