oleh

Peringati Hari KADIN, Anugerah Lingkungan Hidup KADIN DKI Jakarta 2023

Jakarta – Kamar Dagang Indonesia (KADIN) Provinsi DKI Jakarta akan menggelar Anugerah Lingkungan Hidup KADIN DKI Jakarta 2023 di Flores Ballroom, Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa (21/11/2023).

Ketua KADIN DKI Jakarta Diana Dewi mengatakan, penganugerahan ini digelar di dalam Rapat Pimpinan Provinsi (Rapimprov) IV 2023 KADIN DKI Jakarta.

Pemberian Anugerah Lingkungan Hidup KADIN DKI Jakarta 2023 yang menjadi salah satu rangkaian kegiatan HUT KADIN ke-56 merupakan upaya melestarikan lingkungan dan mendorong para pelaku usaha untuk berkomitmen pada praktik bisnis berkelanjutan. Kegiatan ini dilaksanakan KADIN DKI Jakarta bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup Pemprov DKI Jakarta.

“KADIN DKI Jakarta menyadari bahwa menjaga kelestarian lingkungan Kota Jakarta sebagai bagian yang tak terpisahkan dari kemajuan dunia usaha. Perhatian pada aspek lingkungan dan keberlanjutan juga bukan hanya melulu soal kewajiban etis terhadap bumi, tetapi tentang keberlanjutan bisnis jangka panjang,” kata Diana Dewi.

Dengan mengintegrasikan kepedulian terhadap lingkungan ke dalam model bisnis, Jakarta diharapkan dapat tumbuh menjadi pusat bisnis global yang berkelanjutan. Kota Jakarta juga akan tumbuh lebih kuat dari segi ekonomi, sosial, dan lingkungan.

Diana Dewi mengatakan, KADIN DKI Jakarta berharap penyelenggaraan Anugerah Lingkungan Hidup 2023 dapat meningkatkan kesadaran masyarakat, perusahaan dan lembaga terhadap pentingnya pelestarian lingkungan hidup.

Anugerah Lingkungan Hidup KADIN DKI Jakarta 2023 juga diharapkan mampu mendorong pelaku usaha untuk mempraktikkan bisnis berkelanjutan, dan memperkuat kolaborasi antara pemerintah, swasta, serta masyarakat dalam mewujudkan lingkungan hidup yang lebih baik.

Untuk menentukan nominasi dari setiap sektor, KADIN DKI Jakarta melakukan penilaian terhadap kegiatan usaha yang menjadi lingkup pengawasan sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku di Provinsi DKI Jakarta.

Baca Juga  Kapolres PangkalPinang Beserta PJU Polda Babel, Menerima Kunjungan Kakorlantas Polri

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pemprov DKI Jakarta Asep Kuswanto mengapresiasi langkah KADIN DKI Jakarta untuk menggelar Anugerah Lingkungan. Kolaborasi KADIN DKI Jakarta dengan Pemprov DKI Jakarta diharapkan mampu membuat iklim usaha di Jakarta lebih memperhatikan soal keberlanjutan.

“Ini kolaborasi yang luar biasa antara Pemprov DKI Jakarta dengan dunia usaha yang menghasilkan suatu upaya baik dalam mewujudkan keberlanjutan dalam mendorong Jakarta sebagai Kota Bisnis Global,” kata Asep Kuswanto.

Terinspirasi dari Pohon Trembesi
Ketua Panitia Pelaksana Rapimprov IV 2023 KADIN DKI Jakarta Andi Anzhar Cakra Wijaya mengatakan, Anugerah Lingkungan Hidup KADIN DKI 2023 mengambil tema spirit “Komitmen Berkelanjutan”.

“Tema spirit ini terinspirasi dari Pohon Trembesi yang sarat dengan manfaat dan memiliki makna yang dalam,” ujarnya.

Atas dasar itu, Anugerah Lingkungan Hidup KADIN DKI Jakarta 2023 menjadikan Pohon Trembesi sebagai logo. Bahkan piala pada ajang ini berbentuk replika Pohon Trembesi.
“Semua bagian dari Pohon Trembesi mempunyai makna dan filosofi tersendiri,” katanya.

Ia mencontohkan daun pohon trembesi lebat yang mengartikan kehidupan dan keberlanjutan. Menurutnya, tak cuma menghasilkan oksigen, daun-daun ini juga mampu menyerap CO2 dan polusi, serta memperbaiki kualitas udara.

“Adapun ranting-ranting Pohon Trembesi yang menjulang, melambangkan komitmen berkelanjutan terhadap lingkungan hidup yang terus tumbuh, menggapai lebih banyak lapisan masyarakat, dan melibatkan lebih banyak individu,” kata Andi Anzhar Cakra Wijaya.

Sementara itu, ranting-ranting pohon yang terus berkembang, kata Andi Azhar Cakra, mencerminkan kolaborasi, inovasi, dan pertumbuhan dalam upaya menjaga lingkungan.
Kemudian akar-akar Pohon Trembesi yang kuat menyimbolkan pondasi kokoh sebagai bagian dari komitmen bisnis berkelanjutan.

“Layaknya akar yang menyediakan dasari yang kuat bagi pohon, KADIN Jakarta juga mempunyai landasan kokoh dalam komitmen terhadap lingkungan. Akar yang kuat juga menggambarkan komitmen yang mendalam, moral, dan etis terhadap lingkungan hidup,” kata Andi Anzhar Cakra Wijaya.(RedG /A. Kamal)

Komentar

Tinggalkan Komentar