oleh

Perdana Peringati Hari Disabilitas Internasional di Bangka Tengah

Babel – Pemerintah kabupaten Bangka Tengah melalui Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, menggelar Peringatan Hari Disabilitas Internasional Tingkat Kabupaten Bangka Tengah Tahun 2023, bertemakan Membangun Karakter Melalui Kreativitas Penyayang Disabilitas Menuju Tatanan Masyarakat Inklusi, kegiatan ini diikuti oleh siswa-siswi SLB Negeri Koba, Selasa (5/12/2023).

Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman menyampaikan bahwa Pemkab Bateng akan selalu berada di sisi penyandang disabilitas.

“Pemkab Bateng melalui Dinsos-PMD akan terus melakukan upaya-upaya untuk melindungi dan memenuhi hak penyandang disabilitas, seperti menyediakan alat bantu, memberikan bantuan sembako, bantuan usaha ekonomi produktif, maupun rehabilitas,” ucapnya.

Ia mengajak seluruh elemen masyarakat untuk saling menjaga dan peduli terhadap penyandang disabilitas.

“Mari kita bersama-sama saling menghormati dan saling menjaga, khususnya kepada penyandang disabilitas, memberikan motivasi kepada mereka agar selalu semangat,” ungkapnya.

Ia juga berharap kualitas hidup dan kepercayaan diri termasuk mental dan spiritual penyandang disabilitas dapat terus ditingkatkan.

“Kegiatan yang kita selenggarakan hari ini juga sebagai bentuk perhatian kepada mereka yang sangat luar biasa. Apapun bentuk kepedulian yang kita berikan mengandung nilai dan makna yang tinggi dan pada gilirannya timbul rasa tentram bagi penyandang disabilitas,” terangnya.

Disela-sela kegiatan, ia juga menyempatkan dirinya untuk melihat hasil karya siswa-siswi penyandang disabilitas, mulai dari lukisan, batik, kriya kayu, suvenir hingga olahan kue, siswa SLB menunjukan secara langsung proses pembuatan karya tersebut.

Salah satunya, Rohan Sawaludin (16) yang terlihat sedang asyik mencanting kain. Diketahuinya, Rohan merupakan siswa SLB Negeri Koba yang saat ini duduk di kelas 3 SMP, Ia memiliki kendala hambatan intelektual disertai gangguan pendekatan.

Namun, keterbatasan yang dimiliki Rohan tidak menjadi penghalang untuk bisa mengukir prestasi. Ia berhasil meraih Juara 3 Lomba Membatik Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Baca Juga  Sosialisasi DIPA dan Fakta Integritas Polres PangkalPinang Tahun 2021

Sementara itu, Kepala SLB Negeri Koba, Mesra Yenti mengatakan kegiatan Peringatan Hari Disabilitas Internasional perdana dilaksanakan di Bangka Tengah.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan kesempatan atau wadah kepada anak-anak didik di SLB Koba untuk mengaktualisasikan diri dan menampilkan kepada masyarakat umum bahwa mereka memiliki kemampuan juga seperti anak-anak normal di luar sana,” imbuhnya(RedG/**).

Komentar

Tinggalkan Komentar